Sabtu, Januari 20, 2024
Beranda blog
bertepatan pada 4 Shafar 1444H, telah dilaksanakan tahlil dan doa bersama dalam rangka puncak haul Abah Mudlor selaku pengasuh dan pendiri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Berbeda dari tahun tahun sebelumnya, puncak haul pada tahun ini dihadiri oleh Habib Ahmad bin Smith. Selain itu, juga dihadiri oleh keluarga ndalem beserta Ibu Nyai Utin Nurul Hidayati (istri Al-Maghfurlah Abah Mudlor),...
Hari jumat penuh berkah, manfaat semakin bertambah dengan acara bedah buku Sunan Prapen “Pelantik Raja-Raja Islam Nusantara” Di pesantren Luhur Malang. Sunan Prapen sendiri merupakan salah satu tokoh yang istimewa karena beliau memiliki banyak peran dalam pengukuhan Raja-Raja Islam di Nusantara. Acara ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 Agustus 2022 pada pukul 19.30 WIB s.d selesai. Acara diawali dengan...
Pernyataan Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama dalam pelantikan pengurus di Titik Nol Yogyakarta menuai tanggapan dari berbagai pihak. Hal ini menuai beberapa kontroversi. Pengasuh lembaga Tinggi Pesantren Luhur, Gus Danial Farafish, S. H, S. Hum, M.Ag. menyatakan bahwa Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama merupakan seseorang yang Low Profile, dekat dengan santri, dan tegas dalam bersikap. “Tidak hanya sekedar menjadi seorang...
Hari berganti menjadi bulan, bulan berganti menjadi tahun. Tidak terasa bulan di mana dikenal sebagai tahun baru Islam telah tiba, yaitu bulan Muharram. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Muharram berasal dari kata Haram, dalam hal ini memiliki artian bahwa bulan ini haram untuk berperang dan melakukan kefasikan ataupun kezaliman. Sehingga Allah SWT...
Terdengar riuh takbir menggema di seantero kota Malang. Kota Pendidikan ini dengan ramah menyambut hari raya Idul Adha atau yang sering kita sebut dengan hari raya kurban tahun 2022. Tak ingin kalah, Pesantren Luhur Malang juga turut memeriahkan hari raya tahun ini dengan Drama dzulhijjah, sholat ied berjamaah, serta menyembelih hewan kurban. Hari sebelumnya yakni Sabtu, 9 Juli 2022...
Apa sih berkurban itu? Berkurban secara syara’ merupakan kegiatan menyembelih hewan ternak berupa unta, sapi, atau kambing yang sesuai syari’at pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Tahun ini merupakan tahun yang istimewa karena kita masih dapat merayakan idul adha bersama keluarga. Lalu bagaimana dengan yang ada di pesantren? Tentu...
Atmosfer sore kota Malang menjadi semakin berwarna dengan silaturahmi yang dilaksanakan di Pesantren Luhur Malang bersama DPP KNPI. Momen ini terhitung sudah kedua kalinya Pesantren Luhur dikunjungi oleh Organisasi kepemudaan DPP KNPI. Kunjungan kali ini tidak hanya sekedar berkunjung, namun juga berpartisipasi dengan menggelontorkan sejumlah biaya untuk pembangunan yang kini sedang dilaksanakan di Pesantren Luhur Malang. Sebuah mega...
“Jika anda pandang Al-Qur’an dengan pandangan mata, anda akan lihat huruf-huruf, Jika anda pandang Al-Qur’an dengan pandangan akal, anda akan melhat ilmu pengetahuan. Jika anda memandangnya dengan pandangan hati, anda akan melihat cinta kasih. Tapi jika anda melihatnya dengan pandangan jiwa, anda akan melihat Tuhan” Jalaludin rumi. Al-Qur’an merupakan ladang untuk mendapatkan pahala. Membaca satu huruf dalam Al-Qur’an...
(Malang, 25 April 2022) Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang mengadakan acara spesial yang berlangsung setiap bulan Ramadhan. Acara yang paling ditunggu-tunggu tersebut yakni FESRAM (Festival Ramadhan). Tema FESRAM pada tahun ini bernuansa galaxy yang membuat kesannya semakin bertambah unik. Acara yang berlangsung selama satu bulan tersebut membuat para santri menjadi lebih bahagia berada di pondok dan rasa kekeluargaan yang terjalin...
Ramadan merupakan bulan istimewa yang ditunggu oleh seluruh umat jagat raya. Bulan dengan rahmat serta barokah. Bulan yang penuh limpahan kebaikan dan keutamaan.  Seperti namanya bulan ramadhan ini juga disebut Li’l Wish Amazing Ramadhan Kareem.  Mengapa bulan Ramadhan disebut Li’l Wish? iyap betul, hal ini karena banyak pinta harapan dan untaian doa yang dilangitkan. Tak hanya itu dalam...
Puasa sering diartikan sebagai menahan diri untuk tidak melakukan sesuatu yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Tidak hanya umat Islam saja yang mengenal puasa, hampir semua agama samawi seperti Yahudi dan Kristen pun juga menjalankan puasa versi mereka. Umat Yahudi biasanya menjalankan puasa pada hari-hari tertentu, seperti tanggal 10 Tishri (Muharram), hari Sabat, upacara pernikahan,...
Allah memerintahkan orang-orang yang beriman untuk melaksanakan ibadah puasa sebagaimana yang termaktub dalam QS. Al-Baqarah ayat 183: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu.” (QS. Al-Baqarah: 183) Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan bahwa puasa mengandung hikmah menyucikan tubuh...
Assalamualaikum, gaes. Gimana puasanya? Masih semangat kan? Semoga lancar dan semangat menjalani ibadah puasanya ya. Kalian tau ga? Apa itu puasa? Puasa secara bahasa memiliki arti menahan, yaitu menahan diri dari suatu yang membatalkan puasa disertai dengan niat yang khusus. Inti dari puasa yang dikerjakan adalah tujuannya mengenai perbaikan diri dari segala kesalahan yang pernah diperbuat yang disebabkan oleh nafsu...
Siapa manusia yang tidak ingin dirindukan sura? Tempat  dengan begitu banyaknya kenikmatan yang tidak ada bandingannya. Namun, nikmat terbesar di surga bukanlah susu yang semanis madu, bidadari yang tiada banding cantiknya, ataupun kemewahan sebuah istana. Melainkan bisa bertemu dengan Allah Swt, Tuhan semesta alam dengan izin-Nya. Lalu siapa saja manusia yang dirindukan surga? Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa: الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى...
Assalamu'alaikum wr.wb. Halo teman-teman. Mau kuliah tapi pengen sambil belajar agama juga? Jangan khawatir Mahasiswa hebat. LTPLM solusinya Apasih LTPLM itu? LTPLM merupakan sebuah pesantren khusus untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Kota Malang. Nah jadi buat Sister Brother yang ingin melanjutkan kuliah sambil menimba ilmu di pesantren tidak perlu risau, karena di LTPLM memang dikhususkan untuk Mahasiswa. Save the date!! ? Pendaftaran...
Lantunan sholawat menggema di berbagai setiap pojok Pesantren Luhur pada Senin pagi, tanggal 27 rajab 1443H, bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj. Momentum inilah yang dikenal oleh seluruh kalangan muslim di dunia. Dimana Sang Baginda Rasul menerima perintah sholat untuk pertama kalinya yang ditujukan kepada umatnya. Momentum Ini juga bisa disebut sebagai perjalanan spiritual yang berawal dari Masjidil Haram...
Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa Nahdlatul Ulama merupakan organisasi agama terbesar di Indonesia. Organisasi yang didirikan pada 31 Januari 1926 M/16 Rajab 1344 H ini banyak berkiprah di masyarakat dalam bidang politik, ekonomi, pendidikan, dan sosial dari usia remaja hingga dewasa. Dimana semua bidang ini dikelompokkan dalam beberapa bidang seperti LP Ma’arif, Lazisnu, Ishari, Pergunu, JQHNU, IPNU, IPPNU, Anshor,...
Valentine's Day bertepatan pada tanggal 14 Februari yang biasanya disebut dengan hari kasih sayang identik dengan memberikan sesautu kepada orang yang disukai, disayangi, maupun dengan orang yang memiliki kedekatan secara lahir dan batin. Menilik dari sejarahnya, perayaan Valentine's Day ini diadakan sebagai bentuk menghormati kematian seorang pendeta bernama Santo Valentine bangsa Romawi Kuno yang dibunuh karena menentang Kaisar Claudius II...
Ketika langit malam menampakkan gelapnya, bukan berarti pertanda kegiatan belajarpun selesai. Semangat membara dari para santriwan santriwati Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang nampak tidak pernah surut untuk tholabul ‘ilmi. Sebab mengingat pesan dari abah tercinta, Abah Mudlor, bahwa “Mencari ilmu itu tidak wajib tapi amat sangat luar biasa wajibnya”. Hal itu lah yang membuat motivasi bagi para santriwan...
Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang istimewa dan mulia. Pada bulan ini terjadi peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad yang membawa perintah  sholat 5 waktu. Dalam Al-Qur’an, bulan Rajab juga disebut sebagai salah satu dari “Al-Asyhur Al-Hurum” atau empat  bulan haram, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Rasulullah mencontohkan, saat memasuki bulan Rajab beliau membaca: اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ...
Suasana cerah yang menyelimuti semesta pagi hari itu mengawali semangat melaksanakan aktivitas rutin  santriwan dan santriwati Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan di pagi hari, para santri mengawali pagi dengan kegiatan "ngalap barakah" yakni jama’ah Shubuh, Istighotsah, dan Halaqah Ilmiah. Jama’ah shubuh dan istighotsah ini menjadi pembersih jiwa serta mengisi hati dengan kalimat-kalimat thoyyibah...
Semarak lantunan sholawat memenuhi langit malam hari itu. Tepat pada hari Ahad,23 Januari 2022, telah diadakan acara festival banjari se-Nusantara dalam rangka memperingati Dies Maulidiyah Jami’iyyah Sholawat Bunga Tanjung yang ke-20. Festival banjari ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing blok dan lantai. Uniknya nih, mengapa disebut festival banjari se Nusantara? Sebab santriwan dan santriwati  Lembaga Tinggi Pesantren Luhur...
Sebagai seorang muslim, pasti tidak asing lagi dengan ucapan sholawat. Era milenial seperti saat ini, sholawat tidak hanya dilantunkan secara mentah, namun lebih dikreasikan dalam bentuk hadrah, banjari, samproh, habsyi, dan masih banyak lagi. Pecinta sholawat akan mengemas dan mengkreasikan sholawat sedemikian rupa untuk memperbanyak penikmat serta memperbesar semangat dalam membacanya. Yang jarang sholawat jadi sering sholawat akibat...
Assalamu'alaikum sobat sastra,, Kembali lagi dengan kami yang selalu menorehkan karya yang tulis yang tentunya menarik untuk dibaca, apalagi jika mau memahami dan meresapinya. Kali ini kami menyuguhkan karya sastra berupa puisi yang merupakan karya orisinil santri Pesantren Luhur lhoo, yuk simak puisi berikut. Tinta sang Mujtahid oleh: Farik Abdillah Hakikatnya, Manusia adalah jelmaan dari malaikat dan iblis yang kadang taat dan kadang juga...

GIRI KEDATON

66
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Bagaimana peradaban Islam mulai berkembang di tanah air Indonesia tentulah tidak lepas dari perjuangan para Waliyullah, salah satunya Sunan Giri. Memahami konteks sejarah secara faktual sangatlah penting, dimana sejak era generasi millenial dengan mudahnya teknologi dapat saja mendistorsi sejarah sehingga mengaburkan peristiwa yang sesungguhnya. Awal mula penelitian ini adalah inisiatif...
Angka pasien covid-19 selalu meningkat dari waktu ke waktu. Dilansir dari kemkes.go.id, bahwa pada tanggal 14 Desember 2020, sudah dicatat sebanyak 623.309 orang yang dinyatakan postitif Covid-19.  Besoknya, 15 Desember 2020, nilai akumulatif terinfeksi virus covid-19 sudah bertambah menjadi 629.429 kasus dengan 19.111 diantaranya dinyatakan meninggal dunia. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menekan laju kenaikan jumlah pasien. Namun dari...
Tahun baru masehi identik dengan perayaan pesta kembang api, kumpul bersama teman maupun keluarga, berpesta ria sambil bakar bakaran, nonton bersama, dan lain-lain. Semua hal itu dilakukan dalam rangka menyambut pergantian tahun baru. Namun adanya perayaan tersebut sempat menjadikan polemik di masyarakat apakah muslim boleh ikut merayakan atau tidak. Sebab dilihat juga dari banyaknya penduduk Indonesia yang mayoritas...
"Pesantren ini milik umat, bukan milik saya, siapa saja bisa memimpin pesantren ini". Hal lain yang sering beliau tuturkan adalah ungkapan ini. Pernyataan tersebut kerap dilempar kepada para santri yang sedang mengikuti pengajian kitab maupun halaqah subuh. Sebagai proses pengkonkritan ungkapan diatas, banyak trik-trik cerdas yang beliau pakai agar para santri mapan dari segi spiritual, intelektual, sekaligus aktualisasinya di masyarakat....
Indonesia merupakan negara majemuk yang terdiri dari beragam suku, budaya, agama, dan bahasa. Kemajemukan ini menjadi alat pemersatu dan penguat kehidupan bermasyarakat. Namun juga dapat menjadi pemicu terjadinya konflik horizontal antar golongan. Dewasa ini agama dipandang sebagai sebab adanya tindakan-tindakan radikalisme. Padahal tanpa kita sadari, hal tersebut dimanfaatkan oleh segelintir pihak demi kepentingannya sendiri di bidang politik. Pesantren sebagai...
Selalu Untuk Negeri Penulis: Lai Gemricik air shubuh di kala fajar bertemu Hangat berbalut naungan merdu dari segala penjuru Ku tetapkan wajah, berintikkan air wudlu Tubuh lunglai,bertopang pada iman menyongsong perangai Suara itu.... Dentuman pukulan bongkahan kayu pada lembaran kulit sapi Terdengar bak dentuman bom disertai letupan senapan api Aku mematung sejenak,lantas lekas beranjak Dalam sepersekian sekon anganku mengudara Entah ke mana, dibawa angin yang bersemilir menyibak wajahku Sesaat setelah deklarasi...
Secara umum, pidato merupakan bentuk penyampaian informasi secara formal atau resmi dalam sebuah forum yang umumnya temanya telah ditentukan. Pidato terdiri dari beberapa komponen diantaranya adalah naskah/teks, gerakan (action), tempo (penekanan) yang dinamis, dan ekspresi yang disesuaikan. Dalam berpidato menggunakan bahasa Arab pada umumnya struktur dari teks nya terdiri atas: Mujamalah (basa basi/bahasa pengantar) Mujamalah merupakan kata pengantar yang...
 . Gelapnya malam diselimuti hangatnya cahaya rembulan tak berarti harus mengistirahatkan diri setelah seharian berkecimpung dalam dunia perkuliahan. Semangat yang tidak pernah usai tertanam dalam jiwa santriwan dan santriwati Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Hal ini dibuktikan dengan  antusias para santri dalam mengikuti Halaqoh Kubro yang diselenggarakan pada hari Senin malam. Halaqoh Kubro pada tahun ini merupakan rangkaian acara...
Santri selalu memiliki seribu satu cara untuk menambah ilmu pengetahuannya. Terutama ilmu Fiqih. Salah satu caranya adalah dengan forum diskusi santri dalam ekstrakurikuler Forum Kajian Fiqih atau biasa disingkat dengan nama FORKAFI. Pertemuan pertama pada selasa, 30 November 2021 membahas tentang Hikmatut Tasyri’ yang mengupas tentang hukum hukum syari’at serta ibrah atau hikmah dari ibadah-ibadah yang biasa dilaksanakan...
Sebagai makhluk sosial, naluri manusia tentunya ingin menjadi pribadi yang berorientasi pada “pemenuhan pribadi”, sosial atau kombinasi orientasi lain seperti religious-sosialis. Seperti halnya Abah Mudlor yang merupakan pendiri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang, beliau merupakan sosok yang berorientasi pada religius-sosialis. Hal tersebut terlihat dari perjuangan beliau dalam menimba ilmu menjadikan tidak hanya satu posisi dan profesi yang harus dipegang....
Renovasi serambi masjid Nawaitu I’tikaf Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang terus menerus dilakukan. Bantuan dari berbagai bentuk dan arah diterima dengan senang hati dan iringan do’a semoga pembangunan terlaksana dengan lancar dan membawa berkah bagi segala pihak. Pembangunan kini sudah mencapai tahap pengecoran lantai 3. Dimana pengecoran ini merupakan salah satu dari rangkaian proses renovasi atap serambi masjid...
Kerusakan bahkan kehilangan dialami oleh enam desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu akibat dari banjir bandang yang melanda pada sepekan lalu. Tentunya kepedihan dan kerugian dirasakan oleh warga lantaran terseretnya beberapa harta benda milik mereka. Jum’at, 12 November 2021. Tepat di hari penuh keberkahan, Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang melakukan Bakti sosial ke Posko Penanggulangan Bencana BNPB tepatnya di...
Tepat pada hari ini sudah 76 tahun yang lalu momentum resolusi jihad oleh Kyai H. Hasyim Asy’ari kepada santri dan ulama pondok pesantren dari berbagai penjuru Indonesia. Seruan tersebut untuk membulatkan tekad demi melakukan jihad membela tanah air. Hal tersebut menjadi tanda bahwa kemerdekaan Indonesia juga tidak luput dari perjuangan para santri dan ulama’ terdahulu. Segala bentuk tetesan...
Euforia penetapan Hari Santri Nasional yang diumumkan Presiden Ir. H. Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) beberapa waktu lalu terlihat di mana-mana. Terutama di kalangan pondok pesantren (ponpes) dan sekolah maupun perguruan tinggi yang berbasis agama (Islam), terlebih yang berbasis Nahdatul Ulama (NU). 7 tahun lalu, Ponpes Babussalam yang berlokasi di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, begitu riuh dengan hadirnya...
. Cahaya mempunyai caranya sendiri untuk menghibur malam yang sepi.  Begitu juga para santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang yang mempunyai caranya sendiri untuk menghibur suasana hatinya. Setelah melewati serangkaian kompetisi yang diselenggarakan oleh panitia haul harlah pekan kemarin, tepat pada malam itu suasana ceria nan meriah menyelimuti langit langit gedung Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Bagaimana tidak? Sebab...
Sabtu, 25 September 2021. Weekend tak melulu harus menghabiskan waktu dengan merebahkan diri, namun bisa juga diisi dengan kegiatan produktif. Salah satunya yaitu dengan mencari ilmu dan berbagi kebaikan. Hari Sabtu pagi Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) mengadakan seminar kesehatan dan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Malang. Tak ada kata bosan dan lelah dalam jiwa...
  Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh    Halo Saudara seiman Rahimakumullah.. Sudahkah kalian bersyukur hari ini? Ketahuilah bahwa syukur tidak hanya mengucap hamdalah kawan. Memanfaatkan anggota badan untuk hal yang bermanfaat juga merupakan bentuk dari rasa syukur. Salah satunya adalah dengan bersholawat. Siapa yang suka bersholawat?  cung dong hehehe, Berita baik banget karena tahun ini ada agenda spesial dari Panitia Haul Harlah Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. yaitu...
لاتملك شيأ ولايملكك شيئ Dawuh beliau guru kami Almaghfurlahu Kyai Haji Prof. Dr. Achmad Mudlor S.H. Dawuh ini selalu kami dengar di pesantren, tatkala beliau dengan njlimet menerang bait-bait kitab hikam karya Ibnu Athaillah Assakandari, kitab yang selalu beliau baca mulai awal berdirinya kembali Pesantren Luhur angkatan ke 3, sampai beliau intiqol ila rahmatillah,Dawuh yang singkat tapi memiliki makna yang...
  Membangun sebuah kreativitas dan mempunyai khazanah ilmu yang luas, tentunya kita tak cukup untuk mempelajari hanya pada satu acuan. Seperti hal nya mengembara untuk mencari kekayaan dalam  ilmu pengetahuan, tentunya kita akan semakin merasa tidak mampu apa yang harus kita lakukan karena semakin banyak pertanyaan-pertanyaan yang membuat kita ingin belajar lebih dalam. Selaras dalam pemikiran filsafat yang membuat...
Bingung kegiatan liburan ini ngapain aja? Nonton drakor doang? atau healing sesuai to do list after UAS? daripada bingung buat mikirin self reward kita,  mending ningkatin personal branding yuk dengan mengikuti seminar yang sangat bermanfaat. Seperti seminar yang diselenggarakan di aula lantai 2 di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang pada pukul 20:00- 22:20  bersama speaker yang tentunya sangat...
  Menyambut pagi dengan kabar gembira Jangan lupa hadir di acara Halaqah Award season 3.  Sepenggal pantun untuk membangunkan semangat santriwan-santriwati Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang dalam acara puncak Halaqah Fair yang telah dilaksanakan sejak november yang lalu. Dengan bertemakan Menajamkan Spiritual dan Membangun Pola Pikir Kritis Santri Melalui Cinta dan Filsafat Islam  diharapkan halaqah yang merupakan warisan besar oleh abah mudlor...
Di hari yang penuh barokah ini, menjadi kesempatan besar bagi seluruh umat islam untuk memfokuskan diri dalam beribadah. Tetapi bagaimana jika kita beribadah masih minim pengetahuan akan bersuci? padahal bersuci adalah kunci utama kita dalam beribadah. Maka perlu lah sebuah majlis ilmu yang senantiasa memberikan kita akan pengetahuan terutama pada sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti halnya...
Tertawa adalah nikmat yang paling indah. Kegagalan, masalah, musibah, dan keapesan-keapesan hidup tentu membuat orang mudah marah dan frustasi. Mka, perlu dilawan dengan tertawa selebar-lebarnya. Maka, Muhammad Makhdum menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Komedi Minor, Menertawakan Diri Sendiri dan Kehidupan Sehari-hari". Buku tersebut kemudian diulas dalam acara bedah buku di Pesantren Luhur pada hari Ahad, 12 November 2023. Mas...
Siapa yang tidak kenal dengan narkoba atau napza atau narkotika? Dikenal sebagai momok menakutkan karena merusak ujung tombak generasi muda bangsa Indonesia. Penyebaran narkoba yang kini semakin merajalela menyebabkan kewaspadaan pemerintah meningakat dengan menerapkan segala daya upaya untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Hal ini juga turut dilakukan oleh Polresta Kota Malang yang melaksanakan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan...
Revolusi negeri yang terus berkembang, menuntut kita agar selalu berinovasi menuangkan ide kedalam sebuah wadah yang mampu memberikan pengaruh besar terhadap masa depan bangsa. Tak lain, adalah sebuah pesantren yang memberikan sebuah pembekalan kepada seluruh santri agar selalu faham akan setiap kondisi yang berada di masyarakat dengan menyelaraskan ilmu agama, sebagai bentuk arahan yang telah dipelajari selama di...
Siapa yang tidak mengenal donor darah? sebuah kegiatan mulia yang memiliki banyak manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Manfaat-manfaat tersebut tentu tidak diabaikan oleh Pesantren Luhur begitu saja. Terbukti dengan diadakannya donor darah pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 pukul 08.00 s/d 12.00 WIB. Acara donor darah tahun ini bekerjasama dengan PMI Kota Malang seperti pada tahun-tahun...
Duta Santri Nasional kini menjadi berita yang banyak diserbu oleh media persantrian Indonesia. Sebuah ajang bergengsi santri sejak tahun 2016 ini menyita perhatian banyak pesantren di Indonesia. Duta Santri Nasional diharapkan dapat menjadi perwakilan para santri untuk menyebarkan nilai kepesantrenan dalam bidang agama dan pendidikan, sains dan teknologi, sosial dan kemasyarakatan, politik dan hukum, kesehatan dan olahraga, energi dan...
Kyai Haji Nachrowi Thohir merupakan salah satu dari 16 tokoh penting dalam pendirian Nahdlatul Ulama’. Beliau merupakan ulama besar yang berasal dari Singosari, Malang yang merupakan putra dari Mbah Thohir Bungkuk. Perjuangan beliau dalam dunia Pendidikan Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah sangat besar, beliau terkenal mendirikan sekolah Hollandsch Inlandsch School Nahdlatul Oelama (HIS NO)  yang juga melahirkan banyak ulama kharismatik...