Parameter Ideal Seorang Sarjana (Menurut Prof. Dr. Kyai H. Achmad Mudlor, S.H)

0
47

Saat mendaras buku biografi Al-Maghfurlah Abah Prof. Dr. Kyai H. Ahmad Mudlor, SH. (3M) Ada beberapa kalam beliau yang sangat penting bagi penggerak dunia pendidikan. Menurut beliau terdapat lima parameter ideal yang harus dimiliki oleh seorang sarjana :

1. Seorang sarjana harus memiliki sikap ilmiah, dan ini tidak hanya untuk mahasiswa saja, melainkan entitas-entitas non Sarjana pun bisa bersikap demikian jika mereka memang telah memiliki spirit untuk mencari, memenuhi, meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan kebenaran sesuai dengan bidangnya, singkatnya memaksimalkan potensi yang dimiliki.
2. Sarjana juga harus membekali dirinya dengan ilmu-ilmu lain sehingga tidak timbul pensegmentasian ilmu pengetahuan juga kesenjangan yang menjadikan enggan berdiskusi dengan para ahli cabang ilmu lain.
3. Sarjana dituntut untuk memiliki kapabilitas berpikir kritis melalui sensitivitas mendeteksi celah dalam sebuah teori, kalau dalam bahasanya immanuel kant “critique der theoritische vernunft”. Apakah teori itu bisa menjawab secara radikal hingga mencabut ke akar-akarnya atau hanya berupa pendekatan semata yang cakupannya parsial.
4. Sarjana harus memiliki kemampuan meneliti, ini adalah salah satu cara merealisasikan pikiran-pikiran inovatif.
5. Seorang sarjana dituntut untuk mampu mengetrapkan metode analisis sesuai dengan permasalahannya sekaligus jeli membaca jenis permasalahan dan sudut tinjauannya, selaras dengan adagium “the squareman in the square hole, the right Man in the right place”, adagium yang pengetrapannya mencakup wilayah yang luas dalam karir, pendidikan, diskusi wacana, pembawaan diri, dan area-area lain. (Lia)

Lahul Fatihah..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here