Spesial Ramadhan : Li’ l  Wish Amazing Ramadhan Kareem

13
44

Ramadan merupakan bulan istimewa yang ditunggu oleh seluruh umat jagat raya. Bulan dengan rahmat serta barokah. Bulan yang penuh limpahan kebaikan dan keutamaan.  Seperti namanya bulan ramadhan ini juga disebut Li’l Wish Amazing Ramadhan Kareem.  Mengapa bulan Ramadhan disebut Li’l Wish? iyap betul, hal ini karena banyak pinta harapan dan untaian doa yang dilangitkan. Tak hanya itu dalam bulan Ramadhan juga terdapat sebuah malam yang sangat istimewa yang diharapkan, ditunggu, dan didambakan oleh banyak umat rasullulah. Malam apakah itu? hmm, iya malam yang lebih baik dari seribu bulan atau yang sering kita kenal dengan malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar sendiri bagaikan beribadah 83 tahun 4 bulan lamanya. Masyaallah, bukan?

Lailatul qadar adalah malam yang penuh berkah dan banyak pahala yang dilipat gandakan karena terdapat dalam bulan Ramadhan. Allah berfirman dalam Q.S Al- Baqarah ayat 185.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadhan, yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).”(Q.S. al-Baqarah 185)

Lalu kenapa Allah menurunkan Malam Lailatul qadar?

Hal ini tak lain karena pada malam inilah suatu malam yang penuh keberkahan diturunkan dan bentuk kekuasaan terbesar dari Allah yang mengutus rasul-rasulnya. Limpahan Rahmatlah yang menjadi gambaran betapa dahsyatnya malam Lailatul Qadar dengan turunnya para malaikat untuk mengurus berbagai urusan, kedamaian, dan kesejahteraan. Sebagaimana yang tercantum dalam QS. Al – Dukhan ayat 1-6.

Telah tercatat dalam sejarah peradapan bahwa peristiwa Li’l Wish ini merupakan mukjizat yang luar biasa. Dimana pada malam Li’l Wish atau malam Lailatul qadar ini malaikat jibril datang menemui nabi Muhammad SAW dan mewahyukan kepada Rasullulah dengan sebuah kata “ Iqra!” yang artinya bacalah. Pada malam inilah wahyu pertama diturunkan yakni surah Al–Alaq ayat 1-5.

Selain turunnya wahyu pertama, pada malam Lailatul qadar  para malaikat turun ke bumi dan membawa kesejahteraan hingga terbit fajar. Para malaikat turun pada malam itu dengan dengan cahaya kedamaian dan kesejahteraan. Para malaikat menyampaikan ucapan selamat kepaada umat Rasullulah yang  taat dan memiliki ghirah yang kuat dalam beribadah. Lalu kapan Malam Lailatul qadar sendiri terjadi? Pada hakikatnya tak ada yang mengetahui kapan malam yang penuh keistimewaan ini akan hadir, karena hanya Allah SWT yang mengetahui kerahasiaan kapan kehadiran malam Lailatul Qadar ini. Namun banyak Hadist yang meriwayatkan malam lailatul qadar akan terjadi pada malam tanggal-tanggal ganjil pada 10 hari terakhir dibulan Ramadhan. Hal ini diriwayatkan oleh HR. Imam Bukhari

ليلة  القدر في الوتر من العشر الأواخر من رمضان تحروا

“Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan.”

Salah satu ciri – ciri datangnya malam keistimewaan ini adalah malam yang  penuh  keheningan dan kedamaian. Pemandangan langit yang cerah di malam dan pagi hari. Pastinya beruntung orang yang dapat menjumpai dan mendapatkan malam lailatul Qodar. Oleh karena itu banyak strategi dan trik jitu meraih malam lailatul qodar yang pertama adalah senantiasa berbuat kebaikan, menghidupkan malam-malam ganjil 10 hari terakhir pada bulan ramadhan dengan beribadah. Seperti kita dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, berdoa, bersholawat, dan beristigfar. Salah satu amalan lainnya adalah melaksanakan Iktikaf. Iktikaf sendiri adalah berdiam diri di masjid dengan syarat dan ketentuan tertentu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tak hanya itu kita juga dapat memperbanyak doa untuk mendekatkan diri kita pada Malam yang mulia ini.

Pastinya Anda sangat familiar dengan doa “ Allahumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’fu Anna”. Iyaap betul, ini adalah doa yang sering kali kita dengar di bulan ramadhan. Doa yang diperintahkan rasulullah kepada istrinya, Aisyah ketika mendapatkan malam Laillatul qadar. Strategi meraih malam lailatul qadar yang lainnya adalah dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Bulan Ramadhan merupakan bulan al-qur’an. Dengan membacanya, maka kita akan mendapatkan nilai pahala yang tak terhingga di sisi Allah SWT. Terutama di bulan Ramadhan ini, yang pahala membacanya akan dilipat gandakan. Tak lupa di bulan ramadhan ini hendaknya kita menjadikan ajang untuk meminta pengampunan atas segala khilaf dan dosa yang pernah kita lakukan. Ramadhan adalah bulan penuh pengampunan. Agar mendapatkan kemuliaan malam Lailatul qadar, hendaknya kita memperbanyak taubat dan berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mendirikan sunah-sunah nya dan menggunakan momen yang istimewa serta berharga ini dengan sebaik mungkin untuk menggapai ridlo Allah SWT dalam  keberkahan bulan ramadhan.

Penulis: Mupi Anisa

13 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here