CERPEN SANTRI: “SANTRI BARU, OJO KAKEHAN NGGUYU”

1
37

Santri Baru, Ojo Kakehan Ngguyu
Original story by @sobhh.a

Awal tahun ajaran baru, bertepatan dengan masuknya musim penghujan di Malang. Halaman pesantren dihiasi rumput-rumput basah dan genangan air bekas hujan tadi pagi. Angin kencang layaknya burung yang sedang migrasi berbondong-bondong menggoyangkan dedaunan pohon. Bunyi bergesek antar ranting menjadi alunan melodi lembut malam ini. Sekarang sudah pukul sembilan lewat tujuh malam, seisi pesantren tampak begitu ramai seusai ngaji dan kegiatan malam. Meskipun suhu sejuk sedang melebihi rata-rata tidak menggoyahkan niat para santri untuk merapatkan barisan berkumpul didepan aula komplek pesantren.

“Ojo kakean ngguyu! engkok apalanmu ilang! Dasar santri jaman now!”, gertak Mas Jo– senior pondok yang berusaha menuturi sekumpulan santri yang bercanda, tertawa terpingkal-pingkal hingga seantero komplek terdengar. Kebribiken.

Sebelumnya Mas Jo lagi serius nderes di aula, menyiapkan setorannya tuk nanti malam, sampai bangkit lantas mencari dan mendekati sumber kegaduhan. Mas Jo yang masyhur suka melabrak santri baru, mengakali dengan mem-plokoto menyuruh ini dan itu, mendidik dengan mem-bully prasangka yang bermakna ganda, berujung pada status ‘seng dituakno‘ oleh santri sepondok kepadanya.

Mas Jo berkecak pinggang selagi menuturi mereka. Sedang Aji, Iyan, Orlof dan Akmal kaguk, bibir tak sanggup berkomentar. Genting. Nampak hanya delapan pasang mata yang memanggul ketakutan.
“Maneh-maneh lek guyon ojok kenbacut, mas! Iling lek lagi njogo apalan”. Imbuh Mas Jo masih bernada gertakan. Keempat santri baru itu masih kaguk dan gugup mengangguk. Orlof apalagi, gelas yang masih berisi separuh kopi, tanpa sadar ia pakai untuk asbak puntung rokoknya yang telah memanjang.

Baru tatkala Mas Jo pergi, Akmal mencoba memberanikan diri. Dia berdiri, berjalan mengikuti Mas Jo. Belum sampai mendekati Mas Jo, dia belok kiri, masuk ke KM. Dalam bayang-bayang itu, bertiga mereka tertawa (lagi). Tapi dengan gelagat ngempet. Setelah itu Aji berkomentar, meski tipis-tipis karena takut terkena semprot lagi, “Aku sik gak paham lur, menurutku loh, sebenarnya belumlah akut phobia tawa bagi para pencari ilmu dan penghafal Al-Qur’an. Perasaan kanjeng nabi juga ga kaku-kaku banget deh. Bila ingin tertawa, ya yang sederhana saja, misal yang dianjurkan Nabi saw adalah dengan gigi terlihat sedikit dan bunyi nyaring seperti cekikikan kuda. Haa..mosok ngguyu ngono ae wes dilabrak. Yaopo rek rek”.

Sebenarnya mereka sedang menikmati jam selo di pondok. Duduk di pelataran, menunaikan ibadah ngopi, sedang gosip tipis-tipis, mulai dari membahas halaqoh tadi pagi. Setoran pagi di Pak Kiyai, jamaah maghrib hingga lagu-lagu Nella Kharisma dan Via Vallen. Ya “ditinggal rabi”.

“Iyo Ji, kon bener. Aku dewe yo bingung. Mosok wes diharamno ngguyu iku? Koyok jamane Mbah
Harto kae. Meh nglarang pentas Warkop DKI, Ludhruk, Kethoprak, dll. Lagian ngguyune awak dewe
ga perkoro sik aneh-aneh kan yo”. Iyan menanggapi dengan agak sedikit politis.

“Nah kui Yan, kalau saja tertawa kita nggak semeriah itu–menggema sejagad komplek, mungkin suara burung Emprit di pohon Sawo itu lebih menarik perhatian. Perasaan ngguyuku yo biasa ae sih. Ra seru-seru banget”. Seru Aji dengan lumayan nyemestani sambil menyeruput kopi bercampur puntung rokok Orlof tadi.

Orlof mengerutkan dahinya, mencoba mencerna omongan si Iyan yang kebetulan keterima kuliah dan menjadi mahasiswa di Kampus G jurusan Kriminologi. Hehe. Selagi keduanya “memeng”, Akmal datang dengan senyum tipis-tipis sembari tangannya menyincing sarung yang sedikit basah musabab kecipratan air.

“Lah emang yang paling keras tawanya ini siapa sih?” Orlof bertanya-tanya. Mendadak semua pasang mata tertuju ke satu arah, Akmal.

“Ngopo toh, kok do nyawangi aku?! Wong yo lagi teko padahal”. Sergah Akmal dengan nada tidak terima. Ia menolak menjadi kambing hitam.

“Kon sing paling banter ngguyu”. Tegas Iyan, dia menuding Orlof dengan telunjuk tangan kanannya.

“Lah yaopo rek opo kon kon ki yo ra banter? Rumangsaku yo banter kabeh leh e guyu, opo podo ga dueni bates geguyon? Dadine lali marang guyune dewe. Jan jane yo bener omongane Mas Jo iku, ben atine ga atos, leh ngguyu ga oleh banter-banter, ben ga atos atine, lek wes atos ki gampang cuklek atine. Nek wes cuklek ki angel sekabehane, angel ngapalno, angel peka, angel dituturi, ra due pitungan marang keapikan, haa wes pokok e akeh angele lah. Lah nek wes atine cuklek kepiye jal?” Ucap Akmal panjang lebar, seperti sedang khutbah Jum’at.

“Angel wes angel” Sahut Iyan sambil menepuk jidat dan menertawakan raut Akmal yang tiba-tiba serius

“Ya disambung tho yo Mal, nggo lem G.” Jawab Aji singkat, sembari ngempet ngguyu.

“Disambung ndhasmu, mbok pikir ati ki kocomoto po piye?”, timpal Akmal separuh menggertak. Sontak semua tak bisa menahan tawa (lagi).

“Lah kon-kon ki ratau nggatekke pas ngaji at-tibyan fi adabi hamalatil qur’an po?”, Akmal nyeletuk.

“Gaero Mal, piye piye piye?” jawab ketiga orang itu saling sahut menyahut.

“Dadi ceritane ngene, permisalan orang yang menghafal al Qur’an kui, podo ro pemilik Unta yang ditambatkan. Coro kui Unto mbok taleni terus ditinggal, iku apik. Lah nek kon angger tawakkal tok, Untoe ra pok taleni, yo modiarroo. Mesti blayu tho yoo”. Terang Akmal harap harap cemas. Takut salah ucap.

“Haa semisal Untoe pincang lak gampang ngejare Mal?”, celoteh Iyan ngempet ngguyu.

“Iku ngunu Hadis mas, Lisane Kanjeng Nabi, Ojo wani-wani mlinthir”. Tukas Akmal.

“Ampun bang jagoo. Siaap”, Iyan memohon ketakutan.

Diskusi klub Mas Jo masih berlangsung dengan cair, timpal menimpal bakasan dan guyonan tetap mewarnainya. Tiba-tiba Orlof berdehem tiga kali, “ehm..ehm..ehm!, nganu rek, sebenere Mas Jo iku ncen penggaweane ngono, nglabrak i arek seng gemuyuan tok na pondok. Sebab enek waqilah yen Mas Jo iku sering dituturi karo Pak Kiai: “Langge Jo, santri saiki ki nek ngapalne Qur’an ki lamun pengen
golek cepete. Gek bar iku leyeh-leyeh, gek lali neh. Ra gelem rekoso khidmah lan perjuangan e. Njaluk e sik instan-instan ae yo?”, Orlof ngomong sembari mencoba menirukan gaya berbicara pak kiai. Tapi gagal.

“Opo kerono iku Mas Jo sering murang-muringi awak dewe yo Lof?”, Akmal bertanya dengan penuh kegelisahan.

“Yo iyo Mal. Makane meskipun Mas Jo wes rampung apalane, Mas e sik kober khidmah nang pondok, yo ngeramut awak-awakan seng ra becus iki. Podo bae kale pak yai, meskipun lalarane beliu wes rampung pas ngaos ten abah e, ning beliu ki sik getol lan sregep ngaji ten kiai Arwani. Pye perasaanmu?.” menggebu-nggebu Orlof menjabarkan, sampai ludah nyemplung ke kopi yang tinggal setetes terakhir. Istirahat sejenak sekedar nelen ludah, Orlof melanjutkan, “Titeni yo cah, neh-neh atine ditoto, men ra pecah rasah kokean guyu. Niate diiling-iling. Ojo kebacut nyepeleke omongane guru-gurumu” “Amin..amin..aminn”, bertiga mereka macak ngamini.

“Ooo..angel wes angel!.”

Ditulis dibawah sinar rembulan yang indah
Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang
Rabu, 28 Oktober 2020
Dengan penuh cinta tertanda;
Shobahatul Mutoharoh Allama’ah

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here