Kemerdekaan ini atas jasa mereka yang selalu ada

0
50

 

Tepat pada 17 agustus 2023, upacara kemerdekaan Indonesia yang ke-78 dilaksanakan yang berlokasi di lapangan Kertowaluyo. Dimulai dari petugas upacara yang telah mempersiapkannya jauh-jauh hari agar upacara tersebut berjalan dengan lancar, begitupun dengan respon para santriwan dan santriawati pesantren luhur yang turut bangga pada upacara yang ke-78 ini.

Sejarah menjadi bukti atas kita saat ini

Upacara kemerdekaan yang ke-78 ini tentunya sangat memberikan arti yang sangat mendalam bagi Indonesia. Bagaimana tidak? para pejuang dan pahlawan yang telah berkorban untuk memerdekakan bumi pertiwi ini dengan jasanya yang tak terbilang, dengan menyuarakan kemerdekaan pada teks proklamasi menjadi sejarah penting bagi Indonesia.

“Kemerdekaan dan proklamasi” itulah simpulan yang disampaikan oleh pembina upacara yang disampaikan oleh ust. Abdul Faiq Munir (Ketua Umum Majelis Santri 2023) pada kesempatan tersebut. Proklamasi adalah sebuah karya yang sangat berarti dan memberikan arti yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia demi memperjuangkan kemerdekaan. Hingga kini teks proklamasi menjadi sebuah saksi nyata atas kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Tak luput dari jasa para pejuang dan pahlawan yang sangat memperjuangkan untuk bangsa ini.

                                 penyampaian amanat oleh pembina upacara

Dengan demikian kemerdekaan ini arti sebuah perjuangan besar para pejuang dan pahlawan, untuk itu para penerus bangsa ini harus tetap menjaga keutuhan negara Indonesia.

Jika ada seribu orang yang membela kebenaran, aku berada di antaranya.

 Jika ada seratus orang yang membela kebenaran, aku berada di antaranya.

Jika ada sepuluh orang pembela kebenaran, aku tetap ada di barisan itu.

Dan jika hanya ada satu orang yang tetap membela kebenaran,

maka Santriwan-Santriawati Pesantren Luhur Malang ada di barisan depan untuk Indonesia.

 
santriwan-santriawati Pesantren Luhur Malang, kemerdekaan RI ke-78