Semarak Harlah ke-24: Pesantren Luhur Gelar Seminar Kesehatan dan Donor Darah Bersama Founder Rahsa Hati dan PMI Kota Malang

3
156

Sabtu, 25 September 2021. Weekend tak melulu harus menghabiskan waktu dengan merebahkan diri, namun bisa juga diisi dengan kegiatan produktif. Salah satunya yaitu dengan mencari ilmu dan berbagi kebaikan. Hari Sabtu pagi Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) mengadakan seminar kesehatan dan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Malang. Tak ada kata bosan dan lelah dalam jiwa santri untuk senantiasa mencari ilmu dan meneruskan perjuangan Abah tercinta yaitu Abah Mudlor.

Seminar ini merupakan rangkaian acara harlah LTPLM ke-24 yang diselenggarakan oleh panitia Haul Harlah bersama departemen kesejahteraan santri. Seminar kali ini mengangkat tema “How To Heal Mental Breakdance?” yang dibawakan oleh pemateri ahli di bidangnya, seorang sarjana psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim, yaitu Nur Ulfi Lutfiyah, S.Psi, yang sekarang berperan sebagai Counselor dan Founder Rahsa Hati. Diawali dengan tawasul, acara ini terasa lebih hidup dengan dimoderatori oleh mbak Linal Muna, yakni santriwati Pesantren Luhur sekaligus sarjana psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Memasuki acara inti yaitu penyampaian materi, acara berlangsung dengan serius tapi santai dengan pemaparan yang detail dari pemateri dan antusias dari para santri. Selain pemaparan materi tentang mental health, beliau juga mengajak audience untuk melakukan metode butterfly hug dan affirmation yang merupakan metode untuk merilekskan diri.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para santri terlihat antusias dan semangat untuk berkonsultasi bahkan tidak sungkan untuk sharing tentang pengalaman kesehatan jiwa mereka. Sesi tanya jawab berlangsung secara interaktif.  Jawaban yang rinci dari pemateri membuat santri lebih semangat untuk bertanya.

Bersamaan dengan seminar kesehatan, berlangsung pula kegiatan donor darah hasil kerja sama antara Pesantren Luhur Malang dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang. Kegiatan ini diikuti oleh santriwan dan santriwati Pesantren Luhur. Santri yang telah terdaftar dan memenuhi persyaratan, selanjutnya diarahkan menuju tempat donor untuk melakukan donor darah.

Tiba di penghujung acara, acara dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama oleh panitia dan pemateri. Acara pun berakhir dan ditutup oleh moderator. Dengan demikian, adanya kegiatan seminar dan donor darah diharapkan untuk selalu memperhatikan kesehatan baik secara fisik maupun mental sebagai wujud untuk saling menyayangi diri sendiri dan orang lain. (Nly)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here