SAMAWI Turut Memeriahkan Hari Raya Idul Adha di Pesantren Luhur Malang

1
35

[Selasa, 20 Juli 2021]. Lantunan takbir menyelimuti langit-langit di penjuru dunia pada hari itu. Semua  mengagungkan dan menggemakan asma Allah SWT dengan penuh suka cita. Begitu juga dengan suasana di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Sumringah dari wajah santriwan dan santriwati terlihat pada malam ke-10 Dzulhijjah 1442 H tersebut.  Pasalnya, semarak menyambut hari raya Idul Adha dimeriahkan dengan beberapa lomba. Lomba diadakan selama dua hari. Lomba hari pertama diadakan pada malam Senin dengan kategori lomba yaitu lomba drama antar blok dan lantai. Selanjutnya lomba hari kedua yang dilaksanakan bertepatan dengan malam takbir yaitu lomba gema takbir antar blok dan lantai. Masing masing perwakilan blok dan lantai menampilkan kreasi takbir terbaik mereka. Melalui lomba-lomba inilah kreativitas dari para santri diuji.

Malam pun berganti. Menjelang shubuh para santri Luhur pun sibuk mempersiapkan diri untuk menunaikan sholat shubuh beserta sholat Idul Adha. Berdandan rapi dan bersih serta memakai pakaian yang terbaik. Sorot wajah sumringah terlihat di wajah para santriwan dan santriwati. Mereka bersiap untuk menunaikan sholat Idul Adha, merayakan kemenangan. Selesai sholat Idul Adha acara pun dilanjutkan dengan bersalam salaman dan saling memaafkan. Nampak kebahagiaan dan ketulusan terpancar di wajah para santri.

Setelah selesai bersalam salaman, acara dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Dengan diiringi lantunan takbir satu persatu hewan pun disembelih. Adapun tahun ini, di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang menyembelih 13 ekor kambing dan 3 ekor sapi. Salah satu dari hewan kurban tersebut berasal dari SAMAWI (Solidaritas Ulama Muda Jokowi) yang menyumbangkan hewan berupa 1 ekor sapi. Mewakili pengurus, Moh. Danial Farafish S. H.,S. Hum.,M. Ag selaku ketua SAMAWI Kota Malang menyampaikan terimakasih kepada Sekretaris Jenderal Samawi sekaligus Staf Khusus Presiden, Sahabat Aminuddin Ma’ruf Yang telah sudi memberikan bantuan sapi kurban di Kota Malang. Beliau berharap dengan kurban ini bisa meningkatkan rasa kepedulian dan keprihatinan kita kepada masyarakat lain yang masih membutuhkan uluran dan perhatian dari pihak-pihak lainnya apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini.

 
“Harapan saya selaku ketua Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi), mudah-mudahan di momentum hariraya qurban ini kita terus meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama, dan kepada umat Muslim khususnya dan kepada seluruh masyarakat kota malang pada umumnya,’’ ujar beliau.
 

Tampak pada hari itu seluruh santri berperan aktif dalam kegiatan penyembelihan maupun pengolahan makanan. Ketika para santriwan sibuk membantu proses penyembelihan dan pemotongan hewan, disatu sisi beberapa santriwati pun ikut serta membantu dalam proses pemotongan dan pengemasan daging untuk dibagikan kepada warga. Selain itu beberapa santriwati juga ada yang memasak konsumsi untuk para santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang.

Dengan demikian, adanya perayaan Idul Adha diharapkan dapat memotivasi para santri untuk senantiasa menguatkan iman dengan salah satu caranya yaitu berqurban dan bersedekah, sebab ibadah qurban merupakan ibadah dua dimensi yang mana sebagai wujud pendekatan diri kepada Yang Maha Kuasa sekaligus sebagai ibadah bentuk sosial dengan berbagi dan bersedekah kepada masyarakat.(nly)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here