Puncak Harlah XXII Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang

0
629

Malang — Puncak kegiatan Hari Lahir (HARLAH) ke-XXII Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang yang digelar Ahad (29/09) kemarin, diramaikan dengan aneka acara. Mulai dari lomba olahraga, kebersihan lingkungan, seminar kesehatan, kesenian, hingga lomba kecerdasan otak. Pada tahun ini tema yang diusung yaitu ‘Aktualisasi nilai 3CO dalam mewujudkan santri milineal menuju pribadi 3M’

Rangkaian acara pertama dimulai dari turnamen futsal internal putra antar angkatan yang bertepatan pada tanggal 7 September 2019, di lapangan futsal Ongis Nade, jalan Bendungan Sigura-gura Barat. Kemudian pada hari selanjutnya diadakan lomba Festival Lingkungan (Fesling) dan malam harinya penampilan kesenian antar organisasi daerah.

Dilanjutkan pada tanggal 14-15 September 2019 diadakan lomba olahraga, dan kecerdasan otak internal. Yaitu meliputi Badminton, Pingpong, CCH dan Lomba Rangking 1. Rangkaian acara HARLAH tidak berhenti sampai disini, panitia dan pengurus LSC mengadakan turnamen futsal eksternal se-Malang Raya kedua kalinya pada tanggal 21-22 September 2019 di Lapangan Futsal ABM. Selain itu, diadakan juga seminar kesehatan dengan tema “Kenali Alergi Sejak Dini” kemudian dilanjutkan dengan donor darah sekaligus cek kesehatan.

Selain kegiatan tersebut, tak lupa setiap tahunnya Acara HARLAH selalu menghadirkan sejumlah narasumber Memorial Abah. Narasumber Memorial Abah diambil dari Ahlul Ma’had, yang pernah menjumpai abah.

Berikutnya, pada hari Sabtu, 28 September 2019, terdapat rangkaian acara Hias Tumpeng. Acara ini memiliki tujuan, melatih keterampilan santriwati dalam dunia masakan, yang pasti berguna di masa depan.

Esoknya merupakan acara terakhir dari Harlah Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh santri. Puncak HARLAH namanya. Kali ini diadakan dengan sangat meriah, serta diisi oleh penampilan-penampilan keren dari tiap angkatan.

Acara dibuka dengan dance terhebohnya maskot Puncak Harlah XXII, Cak Har. Banyak santri yang senang dan antusias sekali dengan dance ini. Selepas itu, hadirlah dua pemandu acara hingga akhir yang rupawan dan cantik jelita yakni, M Akmal Khoeruwaffa dan Andrik Amilatu latifa. Memasuki susunan acara demi acara, disampaikan pula sambutan oleh ketua umum majelis santri Fatkhurrozi serta ketua panitia Harlah Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang, yang bernama Ahmad Izuddin Hilmi.

“Saya tidak menyangka rangkaian sudah sejauh ini. Ini tidak akan terjadi tanpa adanya kerja keras panitia serta partisipasi dari seluruh santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Saya benar-benar berterima kasih banyak” ujar ketua panitia Harlah, Hilmi.

Penampilan pertama pada inti acara dihias oleh angkatan Tabassam. Komedi, genre itu yang ditanamkan pada penampilan ini, dengan bentuk Opera Van Luhur. Penampilan kedua dilaksanakan oleh angkatan Najaah. Mereka menampilkan ‘Musikalisasi Puisi’ dengan tema yang sedang hangat untuk dibahas, yaitu ‘Aksi Mahasiswa’. Setelah performa dari angkatan Najaah berakhir, dilakukanlah pemotongan Tumpeng. Tumpeng dibawa oleh santriwati Izza Naharin. Pemotongan pun dilakukan dengan sakral. Hilmi, sebagai pemotong Tumpeng, menyerahkan hasil potongannya kepada ketua umum Majelis Santri, Fatkhurrozi.

Selepas pemotongan tumpeng, penampilan tiap angkatan diadakan lagi. Penampilan dengan nomor urut tiga, angkatan Himmah, menayangkan sebuah acara yang sering kita ketahui, dengan plesetannya yaitu ‘Kuping Najwa’. Tak mau kalah dengan angkatan sebelumnya, Hamasah, menampilkan sebuah drama kolosal, yang menceritakan kisah viral akhir-akhir ini. ‘KKN di desa Penari’, itulah tema yang diusung.

Inilah yang ditunggu-tunggu para santri. Pembagian hadiah bagi pemenang lomba rangkaian Harlah XXII. Berikut daftar pemenang dari tiap rangkaian acara Haflah XXII :

Perform orda :

Juara 1 : Hisab

Juara 2 : Sanusa

Badminton

Juara 1 : A MD

Juara 2 : C-D

Pimpong

Juara 1: M. Sulthon Izza Hakim

Juara 2: Abdul Rasyid Aziz

Futsal Internal

Juara 1: Angkatan Mumtaz & AM

Juara 2: Angkatan Hamaasah

Juara 3: Angkatan Najaah

Topskor: Ibnu Ubaidillah

Best player: M. Khozinatul Asror

Supporter terheboh: Angkatan Tabassam

CCH

JUARA 1 = BLOK CD

JUARA 1 = BLOK AMD

Kostum terbaik = LANTAI 2

HIAS TUMPENG

JUARA 1 = BLOK E

JUARA 2 = BLOK F

DATA JUARA FESLING 2019
Edisi : HAUL

▪️Juara Kamar Terbersih Pa

Juara 1 = B2

Juara 2 = C2

Juara 3 = AH5

▪️Juara Kamar Terbersih Pi

Juara 1 = F16

Juara 2 = F1

Juara 3 = MD4

▪️Lantai Terbersih = Lt. 2

▪️Blok Terbersih = F

▪️Kamar Terkotor Mas² = C3

▪️Kamar Terkotor Mbak² = F3

Rangking 1

Juara 1 = Aji Bagaskoro

Juara 2 = Lia wilda izzati

Juara 3 = Wasiatul Rizkiyah

Juara 4 = Faizzah Azzahra

Juara 5 = Siti Khaizatul Minnah

Setelah pembagian hadiah berakhir, diadakan lagi penampilan per angkatan. Penampilan terakhir disajikan oleh Ahlul Ma’had. Dengan video abah dan alunan musik yang dihadirkan Ahlul Ma’had, menjadikan suasana hening dan khusyu’, larut dalam kesedihan. Mengingat jasa-jasa agung nan mulia yang telah dipertaruhkan oleh abah kita tercinta, abah Mudlor. Di akhir penampilan Ahlul Ma’had, seluruh santri berdo’a bersama untuk abah, yang telah berjuang demi pesantren kita, Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. (Deek)