Puncak HARLAH XXI Pesantren Luhur Malang

0
650

Puncak HARLAH XXI Pesantren Luhur Malang

Di bulan September, tepatnya di tahun 2018 Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang mengadakan acara rutinan yaitu hari lahir Pesantren Luhur Malang, dimana saat ini sudah mencapai 21 tahun berdirinya pesantren kita tercinta. Di tahun ini tema yang diusung untuk memeriahkan hari lahir Pesantren Luhur Malang yaitu semangat 3 CO (Co, Ownership, Co Determination, Co Responsibility). Ada beberapa rangkaian acara yang diadakan dihari lahir Pesantren Luhur Malang yang dibedakan menjadi 3 kegiatan, yaitu kegiatan keolahragaan yang meliputi lomba futsal dan volley putra, kebersihan lingkungan, dan kecerdasan otak ataupun kesenian.

Pelaksanaan rangkaian acara pertama dimulainya dari kegiatan internal futsal putra antar angkatan yang bertepatan pada tanggal 9 September 2018 yang dilaksanakan di Stadion lapangan futsal Singo Nade yang bertepatan di jalan Bendungan Sigura-Gura Barat No III, dan lomba volley putra yang dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018. Dilanjutkan rangkaian acara ke dua yaitu acara seminar kesehatan dan kegiatan donor darah untuk umum yang bekerjasama dengan Majelis Santri melalui Departemen Kesejahteraan Santri yang bertepatan pada hari selasa, tanggal 11 September 2018. Seminar tersebut mengusung tema “Ada Apa Dengan Vaksin?” yang disampaikan oleh pemateri dr. Agung Kurniawan, M. Kes. Disusul rangkaian acara ketiga yaitu lomba penampilan untuk setiap organisasi daerah atau domisili asal santri Pesantren Luhur Malang yang diadakan pada tanggal 15 September 2018. Lalu dilanjutkan acara lomba Rangking 1 Fiqih yang bertepatan pada tanggal 16 September 2018. Lalu dari Departemen Lingkungan Hidup juga mengadakan saembara kebersihan lingkungan seperti mengadakan lomba kamar terbersih, lantai terbersih dan untuk mbak-mbak blok terbersih yang penjuriannya bertepatan pada tanggal 19 September 2018.  Kemudian disusul rangkaian acara Cerdas Cermat Halaqoh yang bekerjasama melalui departemen Penelitian dan Pengembangan yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2018. Setelah itu dari beberapa rangkaian acara yang telah diadakan, semua dilaksanakan dengan baik dan lancar.

Acara terakhir yang pasti akan sangat ditunggu-tunggu santriwan santriwati adalah closing ceremony atau puncak acara dari hari lahir Pesantren Luhur Malang yang ke 21. Tepat ditutup setelah 20 hari masa kerja panitia sesuai perencanaan agenda kegiatan, yang dilaksanakan bertepatan pada tanggal 29 September 2018. Acara tersebut dipimpin oleh sepasang MC yang tampan yang rupawan dan cantik jelita yang bernama Mas Yusron Ahmadi dari angkatan Hammaassah dan seorang wanita cantik yang bernama Ana Fitrotun Nisa. Memasuki susunan acara demi acara, disampaikan pula sambutan oleh ketua pelaksana Hari Lahir Pesantren Luhur Malang oleh Mas Fathur Rohman dari angkatan (2015) Mumtaz, beliau menyampaikan duka kepada santri ada salah satu dari angkatan Tabbasam (2018) bahwa orang tuanya telah meninggal dunia, hal ini kita rasa sangat perlu mengingat berbela sungkawa dan mendoakannya wajib bagi sesama umat muslim, dan kelakuan kita sekecil apapun itu juga belajar menerapkan 3 CO yang berarti ada makna saling merasakan baik kebahagiaan aupun kesusahan diantara para santri.

Pada acara inti kegiatan diisi dengan penampilan antar angkatan, misalnya angkatan Tabbasam (2018) yang menampilkan musikalisasi puisi bertemakan Ketulusan Cinta Orang Tua, lalu penampilan Najaah (2017) menampilkan drama theater yang berjudul Negeri 3 Menara dan Pusaka Obor Segara Geni. Angkatan Hamaasah (2016) menampilkan drama musikalisasi puisi yang bertema Perlawanan Penjajah Berujung Kesedihan yang membawa pesan R.I.P Haringga dengan membawa nuansa kebersamaan, Sedangkan Mumtaz (2015) menampilkan talk show, kemudian dari angkatan Hasta (2014) menampilkan musikalisasi puisi yang sangat menyentuh hati penonton karena bertajuk kesedihan haru mengenang jasa-jasa perjuangan Abah kita Alm. Prof. Dr. KH. Achmad Mudlor SH semasa hidupnya, lalu kesedihan penonton larut dalam sekejapan mata karena ditutup dengan lagu Jamrud yang berjudul selamat ulang tahun untuk Pesantren Luhur Malang.

Setelah selesai sesi penampilan per angkatan, sesi selanjutnya dilanjutkan acara pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum Majelis Santri yakni mas Mujibur Rohman. Harapan doa beliau untuk Pesantren Luhur Malang yakni semoga Pesantren Luhur tambah jaya, semakin maju baik dari perkembangan fisik, maupun program-program kegiatan yang diadakan di pesantren ini, dan dari sumber daya santrinya semakin unggul dan dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar serta menerapkan kepribadian akhlakhul karimah yang berbudi luhur. Acara puncak hari lahir Pesantren Luhur Malang diakhiri dengan sesi penyerahan hadiah kepada pemenang lomba-lomba yang telah diadakan oleh panitia yang diikuti secara sportif para santriwan santriwati Pesantren Luhur Malang. Berikut adalah pemenang-pemenang dari berbagai ragam rangkaian acara hari lahir Pesantren Luhur Malang.

Penampilan Organisasi Daerah :

Juara  Terbaik                diraih oleh Plat S

Juara Terfavorit             diraih oleh Sanusa

Rangking 1 Fiqih :

Juara 1             diraih oleh       : Fajrin Ali Mubarok dari Mumtaz

Juara II             diraih oleh       : Aisyah Fatiha dari Najaah

Lomba Cerdas Cermat
Halaqoh :

Juara I              diraih dari Blok AMD

Juara II             diraih dari Blok B Azka

Juara Best Costum         direbut oleh Blok C-D

Lomba Internal Volly Putra :

Juara I                diraih oleh       :  Ahlul Ma’had

Juara II               diraih oleh       : Angkatan 2016 (Hamaasah)

Lomba Internal Futsal Putra :

Juara I               diraih oleh       : Angkatan 2014 Hasta

Juara II             diraih oleh       : Ahlul Ma’had

Juara III             diraih oleh       : Angkatan 2016 (Hamaasah)

Juara Top Score Player
diraih oleh Abdul Aziz

Lomba Kebersihan
Lingkungan :

Kategori lantai Terbersih :

Mas-Mas :          diraih Lantai 1

Mbak-Mbak :     diraih Blok AMD

Kategori Kamar Terbersih Mas-Mas :

Juara I   : diraih kamar C No1

Juara II  : diraih kamar Takmir

Juara III : diraih Kamar Ahlul Mahad No 8

Kategori Kamar Terbersih Mbak-Mbak :

Juara I      : diraih kamar C No 3

Juara II  : diraih kamar B No 2

Juara III : diraih kamar D

Kategori Kamar Terkotor Mas-Mas :

diduduki pada kamar C No 9

Kategori Kamar Terkotor Mbak-Mbak  :

diduduki pada kamar C No 5

Acara tersebut diakhiri dengan penuupan doa yang dipimpin oleh Ustadz Abdul Kholiq. Tujuan dilaksanakan kegiatan diatas diharapkan santri-santri Pesantren Luhur Malang untuk  merekatkan hubungan antar sesama santri. Selain itu juga membiasakan diri supaya senantiasa hidup bersih, sehat dan tidak bermalas-malasan, menanamkan jiwa unggul, dan semakin solid baik yang muda kepada yang tua atau sebaliknya, khususnya kepada santri baru angkatan 2018 yang baru beradaptasi memahami lingkungan dan kegiatan tahunan di Pesantren Luhur tercinta ini (Dilan)(Desi)

Penulis : Ahmad Dellan Fahmi E

Editor : Desi Fajar P

#JurnalistikLuhur #Berkarya Bersama #Berkreasi Menginspirasi