Bakti Sosial Pesantren Luhur Kepada Korban Banjir Kota Batu: Dari Sedekah Menjadi Berkah

13
234

[Malang, 12 November 2021] Kerusakan bahkan kehilangan dialami oleh enam desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu akibat dari banjir bandang yang melanda pada sepekan lalu. Tentunya kepedihan dan kerugian dirasakan oleh warga lantaran terseretnya beberapa harta benda milik mereka.

Jum’at, 12 November 2021. Tepat di hari penuh keberkahan, Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang melakukan Bakti sosial ke Posko Penanggulangan Bencana BNPB tepatnya di daerah Batu. Bakti sosial ini diwakili oleh anggota Departemen Informasi dan Komunikasi, Majelis Santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Setelah sekitar satu minggu pengumpulan dana oleh para donatur baik dari santriwan dan santriwati Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang maupun donatur dari luar, akhirnya terkumpul dana yang disalurkan dalam bentuk sembako, alat tulis, dan makanan ringan.

Pada pukul 15.00 WIB, rombongan dari Pesantren Luhur yang beranggotakan 5 orang tiba di lokasi dan disambut oleh para anggota BNPB setempat. Salah satu anggota BNPB yaitu Bapak Susilo mempersilahkan rombongan untuk duduk dan menandatangani surat penyerahan bantuan sosial.  Setelah prosesi penandatanganan, material bantuan langsung disortir untuk diletakkan di tenda posko.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi serah terima secara simbolis dan foto bersama. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh mas Zuhrinnada Alvin Bahtiar selaku perwakilan dari Departemen Informasi dan Komunikasi beserta Bapak Susilo yang merupakan anggota dari BNPB. Kemudian dilakukan sesi foto bersama dari rombongan Pesantren Luhur dan sebagian anggota BNPB.

Kegiatan dilanjutkan dengan berbincang bincang sedikit mengenai kondisi korban saat ini. “Untuk para korban sudah dievakusi ke rumah saudara saudaranya”, Ucap Bapak Susilo.  Sebelum berpamitan, Bapak Susilo mempersilakan rombongan Pesantren Luhur untuk melihat dokumentasi para korban banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Bumiaji. Harapannya dengan adanya bakti sosial dapat mengingatkan kita sebagai makhluk sosial untuk selalu berlomba lomba dalam melakukan kebaikan dan saling tolong menolong dalam ketaqwaan. (Nly)