Halaqah Kubra Pesantren Luhur: Improve Your Self, Be Confident To Speak In Public Bersama Siti Fatimatuz Zahro, S. Kom.

7
69

 [Malang, 13 Desember 2021]. Gelapnya malam diselimuti hangatnya cahaya rembulan tak berarti harus mengistirahatkan diri setelah seharian berkecimpung dalam dunia perkuliahan. Semangat yang tidak pernah usai tertanam dalam jiwa santriwan dan santriwati Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Hal ini dibuktikan dengan  antusias para santri dalam mengikuti Halaqoh Kubro yang diselenggarakan pada hari Senin malam. Halaqoh Kubro pada tahun ini merupakan rangkaian acara dari Halaqoh Fair yang diselenggarakan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Majelis Santri tahun 2021.

Acara dimulai tepat pada pukul 20.30 WIB. bertempat di aula lantai  2. Sebelum memulai acara tidak lupa diawali pembacaan doa oleh moderator yaitu Mbak Risma Nailul Amalia yang mana merupakan salah satu staff Departemen Litbang. Adapun tema yang diusung pada Halaqoh Kubro kali ini yaitu “Improve Your Self, Be Confident To Speak In Public” dengan pemateri yang ahli di bidangnya yaitu seorang Announcer bernama Siti Fatimatuz Zahro, S. Kom.

Memasuki acara inti yaitu pemaparan materi, announcer yang kerap dipanggil dengan sapaan Mbak Ime ini menyampaikan materi secara gamblang mengenai pengalaman serta tips and trick bagaimana cara agar tampil percaya diri ketika public speaking. Pada acara inti, tidak hanya penyampaian materi saja namun beliau berusaha berinteraksi dengan para audience agar tidak terkesan monoton. Selain itu beliau juga memberikan kesempatan kepada audience untuk bertanya mengenai problem dalam public speaking dan memberanikan diri dengan praktik speak up di depan.

Sesuai dengan kata motivasi yang diberikan oleh Abah Mudlor, yaitu santriwan santriwati Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang haruslah menjadi singa podium kelak di kemudian hari nanti, maka tema dari Halaqoh Kubro kali ini sangatlah tepat untuk dijadikan sebagai ajang pembelajaran bagi para santri untuk tampil di depan umum dengan percaya diri.

Acara berlangsung dengan meriah karena antusias dan semangat yang muncul dari santriwan dan santriwati. Tiba di penghujung acara, terdapat sesi penyerahan cinderamata kepada pemateri dan foto bersama. Acara selesai dan ditutup dengan pembacaan Al Fatihah perjanjian.

Harapannya dengan adanya Halaqoh Kubro kali ini dapat meningkatkan semangat belajar dan mengasah salah satu soft skill public speaking para santri Pesantren Luhur Malang. Karena sejatinya santri tidak hanya dituntut mengaji tapi santri juga harus bisa tampil percaya diri.(Nly)

7 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here