Festival Ramadhan, Rangkai Kreativitas Rajut Kebersamaan

1
26

(Ahad, 2 Mei 2021) Gelap dan dinginnya malam, dengan suasana meriah nampak terlihat di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Seperti biasanya setiap weekend di bulan Ramadhan, santri Luhur selalu mengadakan rangkaian acara festival Ramadhan (fesram) yang terdiri dari lomba-lomba oleh perwakilan dari masing-masing blok maupun lantai. Namun, berbeda pada malam itu, dimana malam tersebut diisi dengan kemeriahan penampilan yang tentunya spektakuler dari para santri.  Sebab pada hari itu, bertepatan pada malam ke 21 Ramadhan 1442 H telah dilaksanakan puncak gebyar festival Ramadhan 2021. Antusias dan semangat dari para santriwan maupun santriwati terlihat dari wajah mereka. Tidak hanya yang bertugas dan berpartisipasi saja, namun para santri yang menjadi audience pun juga sangat antusias dalam memeriahkan suasana.

Acara dimulai pada pukul 21.30 WIB, tepatnya setelah salat tarawih dilaksanakan. Acara diawali dengan penampilan pra acara yang berupa drama dari kalangan santriwati. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC berupa pembacaan tawasul. Memasuki acara kedua yaitu pembacaan ayat suci Al Qur’an dan sari tilawah serta disusul dengan  penampilan Syarhil Qur’an oleh blok A sebagai juara dalam perlombaan MSQ (Musabaqoh Syarhil Qur’an) dalam rangkaian acara fesram.

Tiba pada acara yang dinanti-nanti, yaitu penampilan spektakuler dari para santriwan maupun santriwati. Berbeda dari rangkaian acara fesram biasanya dimana peserta lomba diwakili oleh perwakilan dari masing-masing blok dan lantai, pada malam puncak gebyar festival Ramadhan penampilan dibawakan oleh perwakilan dari setiap angkatan. Mulai dari angkatan termuda yaitu angkatan Hazimah, Himmah, Tabassam, Najjah, dan Hammasah. Penampilan pertama diawali dengan penampilan tari Saman dari angkatan Hazimah sebagai pembuka dalam acara puncak gebyar festival Ramadhan. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan musikalisasi puisi oleh angkatan Himmah dan penampilan drama oleh angkatan Tabassam. Selanjutnya penampilan dibawakan dari perwakilan angkatan Najjah, pada saat ini lah momen gebyar festival Ramadhan semakin terasa, karena penampilan akapela dari angkatan Najjah dan diikuti nyanyian dari para audience menambah suasana meriah pada malam itu.

Penampilan terakhir dibawakan oleh angkatan Hammasah dengan variety show yang tidak kalah keren dari penampilan lainnya, dengan guyonan khas dari mbak-mbak dan mas-mas angkatan Hammasah membuat para santriwan dan santriwati pun ikut terhibur. Meskipun acara dilaksanakan dari malam sampai shubuh, semangat para santri pun tidak luntur sama sekali. Apalagi ditambah dengan pengumuman juara lomba dan pembagian voucher dari sponsorship membuat antusias para santri pun semakin terlihat.

Acara terakhir yaitu sahur bersama dan diiringi dengan alunan nyanyian dari Jam’iyah Sholawat Bunga Tanjung. Tepat pukul 04.00 WIB acara pun ditutup dan diakhiri dengan foto bersama dari setiap angkatan. Harapannya, dengan rangkaian acara festival Ramadhan yang diadakan setiap satu tahun sekali pada weekend pada bulan Ramadhan, menambah semangat untuk menjalani ibadah di bulan Ramadhan dan dapat meningkatkan kreativitas dari para santri. (Nal)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here