Bakti Sosial Pesantren Luhur di Panti Asuhan Yasibu: Berbagi Tawa yang Mengukir Kenangan

6
106

(Malang, 21 Februari 2021) Atmosfer masa pandemi membuat perekonomian semakin salah kaprah. Berbagi adalah salah satu cara untuk menyingkirkan nafsu keduniawian yang semakin menjadi-jadi. Bukan hanya berpikir apa yang kita dapatkan melainkan apa yang kita berikan. Karena pada hakikatnya harta yang dimiliki seseorang, juga terdapat hak bagi orang lain. Salah satunya adalah anak yatim.

Tepat pada hari ahad, 21 Februari 2021, Lembaga Tinggi Pesantren Luhur melakukan Bakti Sosial ke Panti Asuhan Yasibu  yang beralamat di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Bakti Sosial ini diwakili oleh Departemen Informasi dan Komunikasi dibawah naungan Majelis Santri. Setelah sekitar 2 minggu pengumpulan dana dari santriwan santriwati Pesantren Luhur, akhirnya terkumpul dana yang disalurkan dalam bentuk sembako, makanan ringan, serta material bangunan yang diserahkan pada hari yang sama.

Pada pukul 08.25 WIB, rombongan dari Pesantren Luhur yang beranggotakan 13 orang, sampai di lokasi dan disambut dengan hangat oleh pengurus yayasan yakni Pak Agus Purwadi dan Pak Wan. Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan pembawa acara Mas Bayu Setiawan. Bertemakan “Hidup Bukan Tentang Bagaimana Menikmati, Melainkan juga Berbagi”, acara diawali dengan pembukaan, kemudian sambutan dari CO Departemen Informasi dan Komunikasi yaitu Mas Zuhrinada Alvin Bachtiar. Selanjutnya Pengurus Panti Asuhan yakni Bapak Agus Purwadi, juga menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai ungkapan terimakasih atas kehadiran dan bantuan dari Pesantren Luhur. Rangkaian acara dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh mas Faiq Dzihnan disambung dengan do’a yang dilantunkan secara bersama-sama oleh adik-adik penghuni Panti Asuhan.

Menuju ke sesi foto bersama serta serah terima bantuan secara simbolis. Penyerahan ini dilakukan oleh Mas Zuhrinada Alvin Bahtiar selaku perwakilan dari pesantren Luhur kepada Pak Agus sebagai perwakilan dari Panti Asuhan Yasibu. Selesai foto bersama, kegiatan dilanjutkan dengan game yang dikomando oleh Mbak Nur Ita  Veramasari dan Mas Bayu Setiawan.

Permainan diawali dengan membuat 2 kelompok yang masing-masing diberi tugas untuk menyusun huruf-huruf hijaiyah. Kemudian ada juga tebak-tebakan seputar agama yang disambut dengan antusias oleh adik-adik di Panti Asuhan. Beberapa diantaranya mendapat hadiah karena berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan. Pada akhir acara, seluruh anak mendapatkan doorprize yang diterima dengan suka ria. Gelak tawa pun terdengar memenuhi pojok-pojok ruangan. Sungguh pemandangan yang membahagiakan.

Salah satu adik penghuni panti asuhan mengaku sangat senang atas kedatangan kakak-kakak yang melakukan Bakti Sosial ke Panti Asuhan Yasibu. “Seneng kalau ada tamu yang datang” ungkapnya. Semoga kegiatan yang telah dilaksanakan ini mendapat ridlo dari Allah SWT. dan semua jenis bantuan yang diberikan dapat bermanfaat serta dihitung sebagai amalan baik di sisi-Nya, aamiin. (far)

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here