75 Tahun Indonesia Maju, Beginilah Cara Pesantren Luhur Memperingati Kemerdekaan RI

0
501

[Senin, 17 Agustus 2020] Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas. Dirgahayu Republik Indonesia yang Ke-75. Tema yang dicetuskan oleh pemerintah di hari kemerdekaan ini adalah 75 Tahun Indonesia Maju.  Adanya pandemi Covid 19 ini, menjadikan peringatan hari kemerdekaan tahun ini berbeda dengan tahun –tahun sebelumnya. Pemerintah membatasi kegiatan peringatan HUT tahun ini.

Senin, 17 Agustus 2020 Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang melakukan Peringatan Upacara Hari Kemerdekaan yang ke-75. Tepatnya pukul 07.00 WIB di area Parkir Santri Putra. Meskipun dilakukan dalam area pesantren, seluruh santriwan dan santriwati tetap mengikuti protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker. Seluruh santri bersikap sempurna dan khidmat saat upacara berlangsung. Semangat dan antusiasme tim panduan suara sangat tampak dalam menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu wajib nasional, Ya lal wathon serta sholawat Irfan .

Setelah upacara selesai, dilaksanakan serangkaian acara guna memperingati kemerdekaan yang diadakan di dalam Lembaga Tinggi Pesantren  Luhur Malang. Meliputi lomba Fashion Show antar maskot yang diikuti oleh tiap perwakilan blok kamar yang ada di Pesantren Luhur Malang. Maskot ini bertemakan pakaian adat daerah. Dengan rincian blok B-Azka pakaian adat Papua, blok F pakaian adat Bali, blok C- MD pakaian adat Jawa, serta blok E pakaian adat Dayak. Peserta fashion show yang tampil urutan pertama yaitu blok B-Azka yang bertema pakaian adat Papua. Para Dewan juri melontarkan beberapa pertanyaan yang meliputi apa yang menjadi ciri khas dari Papua, serta bagaimana gerakan tari yang dipersembahkan oleh orang Papua.

Dilanjutkan peserta yang kedua dari blok F yang bertemakan adat Bali, namun juga menampilkan Hanoman. Nomor urut ketiga dari blok E yang bertemakan adat Dayak. Penampilan fashion show yang terakhir dari blok C-MD yang bertemakan adat Jawa. Dalam setiap penampilan perwakilan blok, para dewan juri mengajukan beberapa pertanyaan mengenai adat daerah yang dibawakan. Juara 1 fashion show ini diraih oleh blok F, dan juara 2 yakni blok B-Azka.

Selain lomba fashion show juga diadakan lomba estafet sarung dan sedotan karet yang masing-masing lomba berjumlah 5 orang setiap  perwakilan blok santriwan maupun santriwati. Oh ya, ada juga lomba makan krupuk, yang pesertanya santriwan santriwati perwakilan dari tiap blok yang berjumlah 1 orang.

Juara 1 lomba estafet sarung santriwati diraih oleh blok B-Azka, untuk juara 2 dimenangkan oleh blok E. Juara 1 santriwan dimenangkan oleh mas-mas lantai 3. Selanjutnya untuk juara 1 lomba sedot karet santriwati dimenangkan blok CD-MD, juara 2 dimenangkan oleh blok E. lomba yang selanjutnya yaitu makan krupuk. Juara 1 lomba makan krupuk ini dimenangkan oleh blok E dan juara 2 blok F. Sementara untuk santriwan, juara 1 dimenangkan oleh mas-mas lantai 2.

Yak itu tadi serangkaian acara HUT RI ke-75 di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Meski covid menyerang, kebijakan pemerintah jadi pertimbangan. LTPLM hantam terus semarakkan HUT RI ke-75. Dirgahayu Indonesiaku.(War)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here