Peringatan Maulid Nabi dengan Sholawat Burdah dan PILDAPUR IV

0
508

Malang – Keluarga besar Lembaga tinggi Pesantren Luhur Malang menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara di gelar tepat pada 12 Rabiulawal, diawali dengan pembacaan burdah, mauidhoh hasanah, diba dan tasyakuran. Rangkain acara Maulid Nabi Muhammad SAW dilanjutkan dengan lomba Pildapur pada hari Minggu,10 November 2019.
Pembukaan cara dibuka yaitu pembacaan Maulid Burdah yang dihadiri oleh Abah Kyai Munir dan Ibu Nyai Munir. Burdah sendiri merupakan Qasidah yang terdiri dari 160 bait yang ditulis oleh Abu Abdillah Muhammad bin Sa’id bin Hammad bin Abdillah bin Alshonhaji Albushiry Almishry yang dikelan sebagai Imam Albushiry, beliau berasal dari Maghrib (Moroko). Qasidah Burdah berisi tentang pujian-pujian kepada Nabi, kelahiran Nabi dan Mukjizatnya serta beberapa unsur lain. Pembacaan Burdah ini Dipimpin oleh santri LTPLM sendiri.
Kemudian dilanjut dengan mauidhoh hasanah yang dipimpin oleh Abah Kyai Munir, “Rasulullah diutus kedunia sebagai Uswatun Hasanah (Teladan yang baik) bagi umat manusia sesuai dengan firman Allah pada surah Al-Ahzab : 21” Abah Munir dalam menyampaikan mauidhoh hasanah Sabtu (9/11/2019). Pesan tersebut perlu diingat oleh seluruh santri agar mampu mencontoh dan merealisasikan akhlaqul karimah dari Rasulullah pada kehidupan sehari-hari. Selanjutnya ditutup dengan Doa.
Setelah Mauidhoh hasanah dilanjutkan dengan Pembacaan Diba’i. Maulid Ad diba’i ini dikarang oleh Al-Imam Wajihuddin Abdur Rahman bin Muhammad bin Umar bin Ali bin Yusuf bin Ahmad bin Umar ad-Diba’i Asy-Syaibani Al-Yamani Az-Zabidi Asy-Syafi’i yang dikenal dengan Ibn Al-Daiba’i. beliau merupakan seorang ulama hadist dan juga masyhur sebagai seorang Ahli Sejarah. Dengan dibacakannnya Maulid Burdah dan Diba’i ini diharapkan menambah kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dan dapat mendapatkan syafaat beliau kelak di yaumil qiyamah.
Acara ditutup dengan Tasyakuran yang diadakan oleh Departemen Kesejahteraan Santri. Acara tasyakuran ini meerupakan acara perayaan Ulang Tahun Santri LTPLM yang sengaja dilaksanakan bersamaan dengan Maulid Nabi. Dalam acara ini seluruh santri LTPLM menyantap makanan yang sudah disediakan. Gus Danial, Pengasuh Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang juga ikut makan bersama dengan para santri. Hal ini jelas mampu menambah kedekatan antara Pengasuh LTPLM dengan para santri dan santri dengan santri serta menumbuhkan nilai 3CO (Co Ownership, Co Responsibility, Co Determination).

Minggu, 10 November 2019 tepat pada pukul 20.00 telah dilaksanakan Rangkaian Acara Lomba Pildapur (Pemilihan Dai Luhur) yang diikuti oleh perwakilah setiap blok kamar santri purta dan putri. Pildapur merupakan Lomba tahunan yang diadakan saat Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh departemen Peribadatan. Tema yang diangkat pada Pildapur kali ini yaitu “Akhlaq Nabi solusi santri menghadapi era revolusi Industri 4.0”. Acara Lomba Pildapur ini juga disponsori oleh B-kaukah.
Acara dibuka dengan pembacaan Maulid Diba’i yang dibawakan oleh Jamiyah Shalawat Bunga Tanjung LTPLM. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teknis lomba, pengenalan dewan juri, penampilan dari setiap peserta lomba dimulai dari Blok C-D, B-Azka, Lantai 2, F, A-MD, E, Lantai 3 dan Lantai 1, komentar dari dewa juri dan perundingan juara, pengumuman juara dan diakhiri foto bersama pemenang lomba pada penutup.
Total peserta dari Pildapur ini ada 8, dengan dewan juri 3 orang yaitu Ustad Rozi, Ustadzah Abidah dan Cak Dul yang merupakan mantan Pengurus Departemen Peribadatan LTPLM. Lomba dimulai pada pukul 20.45 WIB, setiap peserta membawakan tema yang berbeda-beda yang sudah disediakan oleh panitia dan waktu penyampaiannya sekitar 8-10 menit.
Inti dari pidato yang disampaikan setiap peserta hampir sama, membahas tentang akhlaqul karimah Nabiyyuna Muhammad SAW dan bagaimana cara merealisasikannya pada era globalisasi dan revolusi Industri 4.0. sifat wajib yang dimiliki oleh Rasulullah ada 4 yaitu siddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan), fathonah (cerdas). Keempat sifat tersebut sangat penting diteladani oleh kita dizaman sekarang terlebih lagi dengan adanya kemajuan teknologi yang menghasilkan revolusi industry 4.0.
Setelah pidato dari setiap peserta selesai, tibalah pada prosesi komentar dan perundingan dari para denwan juri, kemudian MC mengumumkan pemenang dari lomba Pildapur. Juara 3 diraih oleh Ananda Siti Nur Farikha dari blok F, juara 2 diraih oleh ananda Nazilatul Amalia dari blok A-MD dan juara 1 diraih oleh Shobahatul Muthoharoh dari blok E. Selamat kepada para pemenang dan semoga bisa terus mengukir prestasi. Kemudian dilakukan sesi foto antara Peserta dan Dewan Juri sebagai penutupan acara Lomba Pildapur 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here