Peringatan Haul Prof.Dr.Kyai H. Achmad Mudlor, Sang Mujtahid, Mujaddid, Mujahid Pada Masanya

0
9

Kamis, 9 September 2021. Bertepatan pada malam Jum’at, suasana haru dan suka cita terlihat pada wajah santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Tidak hanya terpampang dari wajah santri, tapi rasa suka cita juga nampak pada wajah tamu undangan yang hadir pada acara malam itu. Pasalnya, Pada malam itu berlangsung acara puncak haul yang ke-8 pendiri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang, yaitu beliau Prof. Dr. K.H Ahmad Mudlor, S.H. Acara tidak hanya dihadiri oleh santriwan dan santriwati LTPLM namun juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan yang meliputi dewan kyai, ahlul ma’had, dan tamu undangan lainnya.

Pada peringatan haul yang ke-8 ini, rangkaian acara tidak hanya berlangsung pada malam itu saja. Namun acara dilaksanakan satu pekan sebelum puncak haul dilaksanakan. Satu pekan sebelumnya rangkaian acara diisi dengan memorial abah oleh dewan kyai, Lailatus Sholawat, ziaroh ke makam beliau (Abah Mudlor) dan Dzikir fida’. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, pada rangkaian acara haul tahun ini, terdapat memorial abah yang diisi oleh pemateri istimewa yaitu penulis buku 3M (Mujtahid, Mujaddid, dan Mujahid) yang berisikan tentang manakib singkat dari Abah Mudlor. Penulis buku ini merupakan salah satu Ahlul Ma’had yang bernama ibu Lia Sholicha, S,S. Adanya acara tersebut diharapkan dapat mengenal lebih dalam dan mengetahui manakib (perjalanan) Abah Mudlor semasa hidupnya.

Setelah satu pekan berjalan, tibalah hari puncak acara haul yang dilaksanakan pada hari Kamis malam Jum’at bertepatan pada tanggal 9 September 2021. Acara dilaksanakan tepat setelah sholat maghrib, acara dimulai dengan pembukaan yang dibawakan oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh santriwan LTPLM. Sebagai salah satu warisan dari Abah Mudlor dan sebagai bentuk takdhim kepada beliau tidak ketinggalan pembacaan yasin dan tahlil pun dilantunkan. Pembacaan yasin dan tahlil dipimpin oleh Fatkhurrozi (Ketua Majelis Santri periode 2019-2020) dan diikuti oleh seluruh santri serta tamu undangan yang hadir di aula lantai 2 pada malam itu. Lantunan Yasin dan tahlil berlangsung secara khidmat dan khusyu’.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sambutan. Sambutan pertama dibawakan oleh putra Abah Mudlor yang sekaligus pengasuh Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang saat ini, yaitu beliau Gus Danial Farafish. Kemudian sambutan kedua dibawakan oleh perwakilan tamu undangan.

Setelah sesi sambutan dilaksanakan, acara selanjutnya yaitu taukil santri baru dan sambutan oleh perwakilan wali santri. Pelaksanaan taukil santri baru yang diwakili oleh salah satu wali santri dengan dipimpin oleh Kyai Chamzawi (salah satu dewan kyai) berlangsung secara sakral. kemudian disambung dengan sambutan perwakilan wali santri.

Memasuki acara inti yaitu mauidhoh hasanah yang dibawakan oleh beliau Kyai Chamzawi. Pada mauidhohnya, beliau menuturkan sedikit kisah perjuangan Abah Mudlor ketika menjadi dosen. Setelah acara mauidhoh selesai, tibalah di penghujung acara. Sebelum penutupan, acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh beberapa dewan kyai serta lantunan sholawat irfan yang dipimpin oleh Gus Danial dan diikuti oleh seluruh santri beserta tamu undangan. Acara pun selesai dan ditutup oleh MC. Acara tidak hanya berakhir begitu saja, namun dilanjutkan dengan ramah tamah oleh para Ahlul Ma’had dan alumni untuk saling bersilaturrahim dalam acara “Temu Kangen”.

Dengan adanya peringatan haul Abah Mudlor, harapannya kita semua sebagai santri beliau selalu mengingat dan meneladani perjuangan serta sifat sederhana beliau. Semoga kita semua diakui sebagai santri oleh beliau. Aamiin…(Nly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here