Khidmah RMI di Pesantren Luhur: Sharing Tentang Branding Pesantren dan Pengelolaan Media Sosial

0
45

  [Malang, 5 Maret 2023] Satu Abad NU merupakan sebuah keberkahan yang luar biasa. Sehingga seluruh organisasi-organisasi dibawah nauangan Nahdlatul ‘Ulama berlomba-lomba untuk mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi umat. Hal serupa dilaksanakan oleh Rabithah Ma’had Islamiyah (RMI) yang  sharing berbagai macam ilmu ke beberapa pesantren di Kota Malang.

Pada hari Ahad, 5 Maret 2023 pukul 10.00 s/d 12.00 WIB telah dilaksanakan Workshop Khidmah RMI: Menyongsong Satu Abad Nahdlatul ‘Ulama dengan tema Branding Pesantren dan Pengelolaan Media Sosial. Bersama dengan moderator, Ustadz Aji Bagaskoro. Kegiatan ini menarik perhatian sebagian besar santriwan satriwati Pesanren Luhur Malang. Menyambung acara selanjutnya adalah sambutan oleh rektor Madrasah Diniyah At-Tahdzibiyyah, Ustadz Mohammad Risal Habibullah yang menyampaikan rasa senang hati dan keterbukaan atas terselenggaranya acara. Pemateri pada kesempatan kali ini adalah Gus Abunawas Arifandi dan Gus Faroidusy Syauqi Ahmad Z.

Baik gus Abunawas maupun Gus Faroidusy merupakan aktivis akademika yang aktif pada bidang multimedia. Bahkan Gus Faroidusy pernah menjadi sutradara dan posedur film pendek dan dokumnter dengan tema santri. Gus Abunawas sendiri merupakan tim leader pada DIS Corporation. Banyak pelajaran yang diperoleh pada workshop kali ini. Diantaranya adalah bagaimana cara membranding pesantren dengan baik dan benar, prinsip apa saja yang mesti dimiliki, bagaimana pengelolaan media sosial mulai dari leader hingga eksekutor dan bagaimana dampak kedepannya, benefit tim media pesantren, hingga bagaimana kriteria karya yang baik dan layak dipublikasikan.

“Salah satu hal paling indah adalah mengerjakan sesuatu yang dicintai. Namun jika tidak bisa, maka berusahalah mecintai sesuatu yang dikerjakan. Jangan pernah mempermasalahkan imbalan sebab Tuhan selalu membalas setiap amal & ketulusan.” Ucap pemateri sebagai closing statement kegiatan workshop pada hari ini. Semoga kegiatan dengan penutup berupa do’a dan penyerahan piagam penghargaan, serta foto bersama ini mendapat manfaat dan keberkahan bagi segala pihak.Aamiin. (far)