Halaqah Award : Ajang Pemicu Semangat Menjadi Singa Podium Kelak di Masyarakat

3
21

[Malang, 27 Januari 2022] Suasana cerah yang menyelimuti semesta pagi hari itu mengawali semangat melaksanakan aktivitas rutin  santriwan dan santriwati Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan di pagi hari, para santri mengawali pagi dengan kegiatan “ngalap barakah” yakni jama’ah Shubuh, Istighotsah, dan Halaqah Ilmiah. Jama’ah shubuh dan istighotsah ini menjadi pembersih jiwa serta mengisi hati dengan kalimat-kalimat thoyyibah agar senantiasa mengingat Allah SWT. Tidak hanya jiwa dan hati yang mendapat asupan, supaya sepadan pikiranpun harus diisi dengan ilmu. Hal ini seperti yang dilakukan oleh santriwan dan santriwati Pesantren Luhur yang tidak akan pernah bosan dalam mencari ilmu salah satunya dengan mengikuti halaqoh Ilmiah.

Namun, pada pagi itu kegiatan halaqoh Ilmiah digantikan dengan Halaqah Award, yang mana merupakan puncak dari Halaqah Fair yang telah dilaksanakan sejak bulan Desember lalu. Halaqah Fair merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh departemen Litbang (Penelitian dan Pengembangan) Majelis Santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan dengan beberapa rangkaian acara dan perlombaan, mulai dari Infografis Halaqah, Moderator Challenge, CCH (Cerdas Cermat Halaqah), dan kostum terbaik CCH. Selain beberapa perlombaan, acara lain yang diselenggarakan yaitu Halaqah Spesial dengan pemateri yang tak kalah spesial dan ahli dalam bidangnya.

Setelah satu bulan diselenggarakan, tiba dipuncak acara yaitu Halaqah Award yakni pemberian penghargaan bagi para pemenang lomba seperti pemenang lomba cerdas cermat, kostum terbaik, dan infografis halaqah. Selain itu juga dilaksanakan penganugerahan award kepada para salah satu nominasi dari 5 kategori, meliputi kategori paper terbaik, pemateri terbaik, moderator terbaik, pembahas terbaik, dan audiens teraktif. Sebelum diumumkan para pemenang, acara disambung dengan nonton bersama video kompilasi foto dari para nominasi. Acara pun dilanjut dengan pemberian penghargaan dari masing-masing kategori dan diakhiri dengan foto bersama.

Acara pun berakhir dan berjalan dengan lancar. Setelah acara selesai seperti biasa kegiatan rutinan pagi ditutup dengan pembacaan tawashul dan doa bersama. Dengan demikian adanya Halaqah Award dapat menjadi pemicu semangat dalam menimba ilmu dan mengasah kemampuan public speaking agar bermanfaat kelak di kemudian hari (Nly).

3 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: pesantrenluhur.or.id/halaqah-award-ajang-pemicu-semangat-menjadi-singa-podium-kelak-di-masayarakat/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here