Gebyar Idul Adha Membentuk Santri yang Kreatif, Mandiri, dan Siap Terjun ke Masyarakat

0
31

[Malang, 30 Juni 2023]. Kemarin malam, Lantunan takbir menyelimuti langit di penjuru dunia pada hari itu. Semua  mengagungkan dan menggemakan asma Allah SWT dengan penuh suka cita. Begitu juga dengan suasana di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Sumringah dari para wajah santriwan dan santriwati terlihat pada malam ke-10 Bulan Dzulhijjah tersebut.  Pasalnya, semarak menyambut hari raya Idul Adha dimeriahkan dengan lomba Kreasi Drama Dzulhijjah yang dilaksanakan pada hari rabu, 28 Juni 2023 pukul 20.00 s/d 23.30 WIB. Peserta lomba adalah perwakilan dari  blok dan lantai sesuai dengan tema yang telah dipilih ketika technical meeting.

Tepat pada hari kamis, 29 Juni 2023 atau 10 Dzulhijjah 1444 H, santri Pesantren Luhur menunaikan sholat Ied di Masjid Nawaitul I’tikaf dan aula lantai 2. Khatib dan imam sholat ied tahun ini adalah Mas Ahmad Yusron Ahmadi, S.E yang mana merupakan ahlul ma’had Pesantren Luhur Malang. Selesai sholat Idul Adha, santri ber-musafahah kepada sesama santri dan pengasuh. Sekitar pukul 06.30 WIB, santri menyembelih hewan kurban di parkiran lantai satu mas-mas sejumlah 9 kambing dan satu sapi di lapangan milik warga pada pukul 13.00 WIB.

Santriwan bertugas untuk membantu proses menyembelih, menguliti, dan membersihkan jerohan di sungai. Tidak kalah penting, santriwati ikut serta membantu dalam proses pemotongan dan pengemasan daging untuk dibagikan kepada warga. Selain itu beberapa santriwati juga ada yang memasak konsumsi seluruh santri untuk tiga hari kedepan.

Dengan demikian, adanya perayaan Idul Adha diharapkan dapat memotivasi para santri untuk senantiasa menguatkan iman dengan salah satu caranya yaitu berqurban dan bersedekah, sebab ibadah qurban merupakan ibadah dua dimensi yang mana sebagai wujud pendekatan diri kepada Yang Maha Kuasa (Allah SWT) dan sebagai ibadah bentuk sosial dengan berbagi dan bersedekah kepada masyarakat. Semoga, serangkaian acara dan jobdesk yang dilakukan oleh santri diharapkan nantinya bisa digunakan ketika berbaur dengan masyarakat. Aamiin. (far)