GIVE BLOOD SAVE LIFE: Membangun Rasa Simpati dengan Donor Darah Bersama PMI

0
51

       

Ahad, 18 Desember 2022 Lembaga tinggi Pesantren Luhur Malang kembali menyelenggarakan kegiatan Donor Darah bersama PMI kota Malang yang bertempatan di pesantren luhur. Dengan membuka kuota pendaftaran sebanyak 33 orang itu pun tidak membatasi hanya untuk para santri pesantren luhur saja namun terbuka untuk umum, Seperti yang perlu kita ketahui kegiatan donor darah ini yang bertujuan untuk membantu PMI dan tim kesehatan untuk memenuhi kebutuhan darah.

Donor Darah sangatlah bermanfaat bagi penerimanya yang membutuhkan. TIM PMI tentunya selalu siap sedia dalam segala keadaan, seperti pada hari ini ada 2 tempat yang harus mereka kunjungi untuk melaksanakan kegiatan donor darah tersebut.

Apakah setiap darah yang. kita donorkan, akan langsung tersampaikan?

Setiap darah yang kita salurkan, hasilnya tidak langsung di setorkan kepada pihak yang berwajib. Harus melewati beberapa proses: mulai dari mengkarantina terlebih dahulu kemudian melalui proses screening dan pengecekan ulang apakah darah ini lolos atau tidak  setelah dikatakan lolos akan masuk ketahap rilis lalu konfirmasi, karena tidak semua hasil donor darah tersebut diambil.

Akan bertahan berapa lama, darah pada saat pengambilan hingga pada tahap penyimpanan?

Semua itu tergantung dari pemilihan jenis kantongnya single dan double ( darah lengkap yang mana bertahan selama 35 hari), three pell ( bertahan selam 35 hari  trombosit nya hanya bertahan selama 5 hari kemudian sisa trombosite nya langsung di musnahkan karena jarang di pakai).

Setelah kegiatan donor darah telah usai, total dari para peserta yang berhasil lolos yaitu 21 orang dari 33 orang yang mendaftar. Tentunya kesan-kesan dari para peserta yang sangat puas setelah kegiatan donor darah dengan respon-respon yang positif “kami sangat bahagia karena bisa lolos ikut donor darah, karena kegiatan donor darah ini sudah lama saya ingin mengikutiya”  tak hanya kesan namun ada juga pesan! ” semoga bermanfaat “.(El-Sya’bani)