Fesban Nusantara : Pekan Sholawat Al-Banjari yang Millenials Harus Tahu

2
152

[Sabtu, 30 Januari 2021] Tak ayal, pandemi yang tak kunjung berakhir meninggalkan keterbatasan aktivitas yang tak ada habisnya. Jangankan majelis sholawat, sholat jama’ah pun dibatasi sedemikian rupa. Namun, di Pesantren Luhur kreativitas santri tetap diasah dan diolah hingga menciptakan harmonisasi Sholawat Al-Banjari yang syahdu dan merdu serta mengena didalam hati. Terwujud dalam Festival Banjari se-Nusantara bertema “Millenial Indonesia Tidak Puasa Sholawat dan Karya”, santri dapat berekspresi dengan bebas dalam melantunkan syair-syair keagungan baginda Nabi Muhammad SAW.

Festival Banjari se-Nusantara merupakan rangkaian kegiatan dalam peringatan Dies Natalis Bunga Tanjung yang ke-19. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu,  30 Januari 2021 pada pukul 21.00 WIB. dengan pemandu acara yakni Mas Muhammad Risal Habibullah dan Mbak Khanin Lailatus Salas. Ketua majelis Santri, Ustadz Rozi, S.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa “Dengan seni hidup akan menjadi indah, dengan islam hidup akan menjadi terarah” menjadi quotes yang perlu diingat oleh millenials untuk memunculkan seni dalam kehidupan.

Berbicara mengenai kompetisi pasti tidak bisa lepas dari dewan juri yang merupakan dewan penentu keberlangsungan sebuah kompetisi. Dewan juri dalam festival ini berasal dari Jam’iyyah Sholawat Bunga Tanjung yaitu Mas Fajrin Ali Mubarok, Mas Muhammad Saifullah, serta Mbak Khoifah Inda Maula. Setiap permulaan penampilan akan ditampilkan video pendek proses latihan masing-masing blok. Diselingi dengan beberapa kuis dari sponsorship yaitu Linal x Amooera, Mahar Nikah, RIF Cathering, Hammer, dan Tahu Gimbrut menambah kemeriahan acara pada malam hari ini.

Tepat pukul 23.38 WIB, seluruh peserta telah selesai menyuguhkan penampilan yang luar biasa. Sembari menunggu dewan juri merundingkan para juara, JS Bunga Tanjung memimpin sholawat nabi dengan lantang hingga suara menggema memenuhi langit 3 menara Pesantren Luhur. Lewat sholawat, santriwan dan santriwati mengekspresikan kecintaan mereka kepada junjungan kita, nabi agung Muhammad SAW.

Akhir acara adalah momen yang ditunggu-tunggu seluruh peserta dan audiens, yakni pengumuman para juara Festival Banjari Se-Nusantara. Mereka adalah lantai 1 mas-mas peraih Best Aransement, Blok F mbak-mbak peraih Best Video, Blok E-MD peraih Best Jingle, Blok C-D sebagai juara 3, lantai 3 mas-mas sebagai juara 2, dan Blok B-Azka sebagai juara 1. Tiada usaha yang mengkhianati hasil. Pencapaian pada juara merupakan hasil dari tetes keringat, do’a, dan kebersamaan setiap tim dalam berlatih setiap harinya.(far)

2 KOMENTAR